Pengamat Siber Ingatkan Warga Waspada dengan Tawaran Google Drive Murah 

Abadikini.com, JAKARTA – Alfons Tanujaya, Pengamat keamanan siber vaksin.com, mengingatkan kepada warga pengguna agar waspada dengan tawaran kapasitas Google Drive dengan harga murah.

Menurut Alfons Tanujaya, pernyataan ini disampaikan sebagai respons atas kemunculan kapasitas Google Drive di e-commerce.

Ia menjelaskan bahwa kapasitas Google Drive dijual dengan sangat murah karena menggunakan Google Team Drive. Berbeda dengan Google Drive, Google Team Drive bisa digunakan bersama-sama untuk menyimpan file.

Google Team Drive dapat dibagikan kepada pengguna terbatas dalam suatu organisasi, seperti lembaga pendidikan, secara gratis. Oleh karena itu, kata Alfons, Google Team Drive bisa dijual dengan harga murah.

Ketentuan menggunakan Google Team Drive sudah diatur dalam peraturan yang disebut Term of Services (TOS). Pada aturan itu dijelaskan Google Team Drive hanya digunakan di lingkungan pendidikan tersebut.

“Hanya digunakan untuk lembaga pendidikan yang bersangkutan dan sudah pasti tidak boleh diberikan kepada pihak di luar lembaga pendidikan, apalagi dijual di toko online,” kata Alfons seperti dilansir dari laman Vaksin.com.

Lanjut Alfons, bila ada yang menawarkan cloud unlimited seumur hidup dan jangan dipercaya, sebab risikonya data berharga akan hilang ketika akun yang melanggar dan menjual layanan yang melanggar TOS tersebut dihapus.

Sebab terang dia, biaya langganan setiap bulan untuk meningkatkan kuota Google Drive menjadi 2 TB sebesar Rp270 ribu. Biaya akan meningkat bersamaan dengan kuota yang meningkat pula.

Sementara, banyak iklan yang memuat tawaran kuota dengan harga yang tidak masuk akal. Bahkan ada yang menawarkan kuota tidak terbatas dan bisa dinikmati seumur hidup.

“Demikianlah iklan yang banyak ditemui di situs e-commerce Indonesia. Harganya juga tidak mahal-mahal amat, hanya membayar Rp100 ribu saja sudah bisa mendapatkan,” pungkas Alfons.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker