Trending Topik

Usai Beraktifitas di Rumah Habib Rizieq, Lurah Petamburan Dinyatakan Positif Covid

Abadikini.com, JAKARTA – Lurah Petamburan Setyanto dinyatakan positif Covid-19 setelah melalui tes swab antigen dan PCR. Sebelum dinyatakan tertular virus corona, Setyanto banyak melakukan aktivitasnya di sekitar Markas FPI dan kediaman Habib Rizieq Shihab (HRS).

“Iya kegiatan di sini saja nih (Markas FPI dan sekitar kediaman Rizieq),” kata Camat Tanah Abang, Yassin Pasaribu saat ditemui di Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat, Rabu (18/11/2020).

Kendati begitu, Yassin menyatakan belum tentu Setyanto terpapar covid lantaran adanya kerumunan yang terjadi di sekitar kediaman Rizieq dalam waktu beberapa hari terakhir.

“Tapi kan belum tentu, karena ada acara ini dia covid gitu,” ungkapnya.

Lebih lanjut, untuk sementara waktu Setyanto kekinian masih menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya. Pihak kecamatan langsung melakukan tracing dan menutup kantor Kelurahan Petamburan.

“Sementara kantor kelurahan kita tutup kita alihkan pakai dropbox atau mungkin staf kecamatan. Staf kelurahan, PPSU, Satpol PP kita swab semua,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya. Lurah Petamburan, Jakarta Pusat, Setiyanto, langsung menjalani isolasi mandiri usai mengikuti tes usap metode “polymerase chain reaction (PCR)” dari Rumah Sakit Polri Kramat Jati. Hal ini sambil menunggu hasilnya apakah benar positif covid-19 atau tidak.

“Saya isolasi mandiri di rumah, karena nunggu hasil swab PCR. Mudah-mudahan sih negatif,” kata Setiyanto saat dihubungi, di Jakarta, Selasa (17/11/2020).

Setiyanto pada Selasa (17/11) pagi mendapatkan hasil tes cepat swab antigen positif sebelum memenuhi undangan penyelidikan di Polda Metro Jaya.

Atas hasil tes cepat yang mengindikasikan Setiyanto terpapar Covid-19, maka proses klarifikasi khusus Lurah Petamburan untuk kasus kerumunan massa di rumah Habib Rizieq Shihab (HRS) di Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat ditunda.

“Cuma saya saja tidak memenuhi undangan untuk klarifikasi karena hasil tes cepatnya positif. Kalau Pak Camat, hasilnya nonreaktif, jadi sepertinya masih melanjutkan kegiatan di situ,” kata Setiyanto.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya mengungkapkan Lurah Petamburan Setiyanto positif Covid-19 usai dilakukan tes usap antigen.

“Kita lakukan uji swab (usap) antigen, satu orang. Lurah Petamburan positif atau reaktif,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mako Polda Metro Jaya.

Atas temuan tersebut pihak kepolisian kemudian merujuk Setiyanto ke RS Polri Kramat Jati untuk pemeriksaan lanjutan.

Beberapa pihak yang turut diperiksa untuk kasus itu selain Lurah Petamburan adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara, Camat Tanah Abang Yassin Pasaribu.

Tidak hanya itu pihak KUA juga akan dimintai klarifikasi termasuk Satgas COVID-19, Biro Hukum Pemerintah Provinsi DKI dan beberapa tamu yang hadir dalam acara pernikahan putri HRS.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker