Jokowi Kunjungi Puskesmas Simulasi Vaksinasi Corona di Bogor

Abadikini.com, BOGOR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Puskesmas di Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat. Puskemas ini sebelumnya menjadi tempat untuk simulasi vaksinasi COVID-19.

Jokowi berkunjung ke Puskesmas Tanah Sareal, Bogor Jawa Barat, pada Rabu (18/11/2020) pagi. Ia datang dengan didampingi Wali Kota Bogor, Bima Arya dan Menkes Terawan.

“Pagi hari ini saya datang ke Puskesmas Kota Bogor ini, Puskesmas Tanah Sareal di Kota Bogor karena kemarin saya dengar di puskesmas ini akan diadakan simulasi untuk vaksinasi. Dan karena memang saya tinggal di sini sehingga saya mampir ke puskesmas Tanah Sereal ini,” kata Jokowi di Puskesmas Tanah Sareal, Bogor seperti disiarkan di Youtube Sekretariat Kepresidenan.

Berdasarkan keterangan kepada wartawan, Kementerian Kesehatan menyatakan sudah menyusun beberapa langkah dalam kesiapan fasilitas kesehatan di Indonesia. Sejak Senin (28/9), telah dilaksanakan pelatihan kepada tenaga kesehatan mengenai tata cara vaksinasi COVID-19 ini.

Selain itu, telah disiapkan dua Puskesmas yang akan menjadi tempat simulasi, yaitu Puskesmas Abiansemal Kabupaten Badung, Denpasar serta Puskesmas Tanah Sareal Kota Bogor, Jawa Barat. Menkes Terawan juga memaparkan prioritas dari target penerima vaksin tersebut. Selain tenaga medis, pekerja usia 18-59 tahun juga jadi prioritas.

“Prioritas vaksin akan diberikan kepada garda terdepan yaitu seluruh tenaga medis dan seluruh masyarakat yang bekerja pada fasilitas medis. Berikutnya akan diberikan kepada masyarakat dengan kategori high risk, yaitu pekerja pada usia 18-59 tahun,” ungkapnya.

Diketahui, pemerintah memang mulai menyiapkan rencana rinci vaksinasi Corona sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lokasi simulasi vaksinasi telah ditentukan, salah satunya Puskesmas Tanah Sareal.

Simulasi ini mulai dibahas dalam rapat koordinasi yang dipimpin Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Luhut Binsar Pandjaitan. Rakor ini dihadiri oleh Menkes Terawan Agus Putranto, Menlu Retno Marsudi, dan Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker