Selamat dan Sukses Rakerda Laskar Merah Putih Markas Daerah Provinsi Sumsel Dibawah PLH Alex Kosasih

Abadikini.com, JAKARTA – Sejak Alex Kosasih ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (PLH) Ketua Mada Laskar Merah Putih Provinsi Sumatera Selatan oleh Ketua Umum Mabes LMP H. Adek Erfil Manurung pasca meninggalnya Ketua Mada Bung Ruslan, LMP Markas Daerah Provinsi Sumatera Selatan langsung bergerak cepat.

Atas arahan dari Markas Besar, Alex segera melakukan konsolidasi organisasi dengan mengadakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Markas Daerah Laskar Merah Putih Provinsi Sumatera Selatan dengan mengundang seluruh Markas Cabang yang ada.

Dari 14 Markas Cabang LMP Provinsi yang diundang, hadir 10 Markas Cabang diantaranya Markas Cabang Prabumulih, Lahat, Muba, Banyuasin, Oku Timur, Oku Selatan, Pagar Alam, Pali, Muara Enim dan Empat Lawang.

Rakorda dilaksanakan pada hari Minggu, 15 November 2020 dan dibuka lansung oleh Ketua Umum Mabes LMP H. Adek Erfil Manurung yang didampingi oleh Ketua Harian Mabes LMP Burhan Saidi Chaniago, Ketua Departemen Bidang Ekonomi Iven Nealsen Tanudjaya dan Budayawan Bhuda Ferry Lukman yang juga ikut rombongan dari Jakarta.

Setelah acara seremoni, pembukaan Rakerda Mada LMP Prov. Sumatera Selatan yang tetap mengikuti protokoler Kesehatan Covid-19 sesuai anjuran Pemerintah 3 M, Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci tangan.

Seluruh peserta wajib mematuhinya, panitia juga menyediakan Masker LMP yang dibagikan kepada para peserta, peninjau, tamu dan undangan.
Kemudian acara dilanjutkan dengan Pengenalan dasar organisasi (PDO) LMP oleh Ketua Harian Mabes LMP Burhan Saidi. Adapun maksud dan tujuan diadakan PDO ini adalah untuk memberikan pembelajaran dan pembinaan kepada seluruh anggota Laskar Merah Putih, makna loreng yang digunakan dari setiap simbol atribut, visi-misi dan tujuan menjadi anggota LMP serta Hirarki organisasi.

Burhan menyampaikan bahwa jika kita menyatakan diri bergabung di LMP, maka kita haruslah mengikuti aturan organisasi dan tidak bisa semau kita sendiri. Apalagi LMP adalah salah satu Ormas Nasional terbesar yang telah berbadan hukum dan memiliki SKTBH dari Kementerian Hukum dan HAM RI. Organisasi LMP tetap tunduk pada pada UUD 45, UU Ormas No 16 Tahun 2017, AD/ ART, Peraturan Organisasi dan Juklak Juknis.

“Oleh karenanya seluruh kader LMP harus patuh dan tunduk pada semua aturan yang disebutkan diatas. Patuh pada garis Komando di atasnya, mulai dari Markas Besar, Markas Daerah, Markas Cabang, Markas Anak Cabang dan Markas Ranting, itulah organisasi yang benar,” ungkap Burhan dalam keterangan persnya, Senin (16/11/20).

Setelah Ishoma, acara dilanjutkan dengan penunjukan Pimpinan Sidang Tunggal untuk memimpin jalannya rapat-rapat selanjutnya.

Burhan kemudian didaulat langsung sebagai pimpinan sidang, lalu membagi Komisi-komisi, diantaranya Komisi A tentang Organisasi, komisi B tentang Program Kerja dan Komisi C tentang Rekomendasi. Lalu masing-masing komisi memilih Ketua dan Sekretaris Komisi.

Setelah rapat-rapat Komisi selesai lalu dibawa ke Sidang Paripurna untuk disampaikan kepada seluruh peserta paripurna Rakerda.

Ada beberapa catatan penting yang menjadi Keputusan Rakerda tersebut, pertama, mengingat PLH Alex mampu membuktikan terlaksananya Rakerda dengan baik, maka meminta PLH mensegerakan diadakannya Musda LMP Prov. Sumsel memilih Ketua Mada untuk 5 tahun kedepan dengan mengajukan permohonan kepada Mabes LMP. Kedua, meminta kepada suluruh anggota LMP untuk mengurus dan memperpanjang KTA bahwa bukti kita Anggota LMP.

“Ketiga, meminta kepada Mada LMP Sumsel agar merealisasikan Kemitraan dengan Pemerintah Daerah Sumsel, untuk membuka lapangan pekerjaan, Kemitraan dengan Kepolisian Daerah dan Kodam Sriwijaya dalam rangka menggiatkan Program Bela Negara. Banyak lagi hasil Keputusan Rakerda tersebut yang bersifat internal diserahkan kepada Pimpinan Sidang untuk selanjutnya menjadi Hasil Keputusan Rakerda LMP Mada Prov Sumsel yang akan diserahkan kepada PLH agar disampaikan kepada Ketua Umum,” kata Burhan.

Dalam suasana yang akrab, penuh persaudaraan, berjalan dengan lancar dan sukses Rakerda Laskar Merah Putih Mada Sumsel diakhiri dengan Perayaan HUT LMP yang ke-20 dan sesi foto bersama oleh jajaran Mabes, PLH Alex Kosasih, Panglima Daerah LMP Haris P, Atmaji Agung, Edy Ismail selaku Ketua Panitia, Srikandi, Provost, Brigade dan seluruh jajaran Macab yang hadir.

Rencananya, kata Burhan, hari senin tanggal 16 November 2020 rombongan Mabes bersama PLH Mada Sumsel Alex akan melaksanakan peletakan batu pertama pembanguan Mesjid dan Pesantren Tafiz Qur’an Darul Iman di Desa Tanjung Api-Api Banyuasin Sumatera Selatan.

Diujung pernyataannya, Burhan berharap suksesnya pelaksanaan Rakerda Laskar Merah Putih Mada Sumsel diharapkan dapat bangkit kembali menjadi wadah pemersatu anak bangsa, membantu program pembangunan pemerintah, menjaga persatuan dan kesatuan serta hadir membawa manfaat ditengah-tengah masyarakat, khususnya Provinsi Sumatera Selatan, umumnya di seluruh Indonesia dimana Laskar Merah Putih ada.

“Kami Markas Besar juga mengharapkan kepada seluruh Mada juga segera melaksanakan Rakerda sebagai langkah kita menjalankan roda organisasi yang baik dan benar,” ujar Burhan yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Hubungan antar Lembaga dan Komunikasi Bappilu Pusat Partai Bulan Bintang (PBB).

Sementara itu, Ketua LMP Macab Prabumulih, Sulastri, memberikan apresiasi yang tinggi kepada PLH Mada Sumsel Alex Kosasi, dengan niat baik ia mengembangkan LMP Sumsel. Dengan loyalitas dan integritasnya, yang sudah diakui oleh Cabang-cabang LMP yang hadir pada Rakerda Mada Sumsel tanggal 15 November 2020. Jiwa sosialnya, sambungnya, dengan membangun Pesantren serta akan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya kepada anak Cabang LMP Se-Sumsel.

Olehnya itu, Sulastri, berharap agar niat baik darinya segera terlaksana tanpa ada halangan apapun. “Kami mendukung penuh Bapak Alex Kosasi untuk jadi Ketua Mada Sumsel nantinya, bukan hanya Ketua PLH,” pungkasnya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button