Perkuat Pertahanan Negara, Jerman Belih Puluhan Jet Tempur Eurofighter

Abadikini.com, JAKARTA – Jerman dikabarkan akan membeli 38 jet tempur Eurofighter buatan Airbus. Pembelian tersebut diperkirakan menelan biaya hampir 5,5 miliar euro atau sekitar Rp82,6 triliun.

Pihak Airbus dan parlemen Jerman pada Rabu (11/11) telah menandatangani kesepakatan pembelian 38 jet tempur tersebut, seperti diberitakan AFP.

Berlin mengungkapkan bahwa pembelian tiga puluhan jet tempur tersebut dilakukan untuk memperbarui armada pesawat tempur Tornado buatan Eropa dan 45 jet F-18 yang telah uzur. Pengiriman 38 jet tempur rencananya akan dimulai antara 2025 dan 2030.

Pembelian jet tempur Eurofighter merupakan bagian dari rencana Berlin yang diputuskan awal 2020. Pemerintahan kanselir Jerman diharapkan melakukan tindakan setelah AS memberikan tekanan pada NATO.

Seorang juru bicara kementerian pertahanan negara itu mengatakan jika Menhan Annegret Kramp-Karrenbauer sempat berharap anggota parlemen menandatangani pembelian jet tempur buatan AS sebelum pemilihan mendatang. Namun anggota parlemen hanya akan mendapatkan suara mereka dalam pemilihan parlemen berikutnya.

Sementara, dalam sebuah pernyataan, Kepala Eksekutif Pertahanan dan Luar Angkasa Airbus, Dirk Hoke mengatakan bahwa pesawat Eurofighter memiliki masa pakai yang jauh lebih lama hingga tahun 2060.

Hoke juga mengatakan jika pesawat Eurofighter buatan mereka kompatibel dengan jet tempur Eropa generasi berikutnya, FCAS yang saat ini masih dalam tahap pengembangan awal.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker