Mahasiswa Perlu Miliki Skills Untuk Hadapi Dunia Kerja

Abadikini.com, JAKARTA – Mahasiswa harus hadapi tantangan dan memenangkan kompetisi dunia kerja, sebab terdapat dua keterampilan (skills) yang harus dimiliki bagi lulusan Perguruan Tinggi.

Hal ini disampaikan oleh dua alumni IPB University yakni Achmad Kusna Permana sebagai Presiden Direktur PT Muamalat Indonesia dan Dwi Asmono sebagai Direktur PT Sampoerna Agro.

Dalam penjelasannya, Achmad memaparkan dalam menghadapi tantangan dan memenangkan kompetisi dunia kerja, paling tidak terdapat dua skills yang harus dimiliki mahasiswa lulusan perguruan tinggi.

Skills tersebut adalah “smart skills” dan “sharp skills”. Konsep tersebut ia kembangkan setelah mengamati berbagai individu di sekitarnya yang berhasil mencapai posisi dan jabatan tinggi dalam pekerjaan.

“Smart skills terdiri dari adaptability, social skills, dan positive attitude,” paparnya dalam kegiatan Alumni Insight yang diselenggarakan oleh Direktorat Kerjasama dan Hubungan Alumni IPB University, beberapa waktu lalu.

Ia memaparkan, di manapun institusi yang dimasuki tidak akan langsung ideal seperti yang diharapkan, maka lulusan perguruan tinggi harus memiliki adaptability karena harus beradaptasi.

Kemudian, social skills berarti lulusan harus mampu membangun social networking. “Social networking ini adalah kunci yang akan membawa kita ke tangga yang lebih tinggi,” ujar Achmad.

Selain itu, positive attitude memiliki arti apapun permasalahan yang dihadapi, harus terus mencari sisi positif dan berusaha mengambil kesempatan. Adapun sharp skill, sambungnya, terdiri dari digital literacy, technical skills serta analytical reasoning.

“Jika kita tidak memiliki kemampuan literasi digital maka akan terlewat, ini berlaku di bidang mana pun. Technical skills, ketika anda menyampaikan gagasan, akan dihargai jika anda menyampaikan dengan data tidak sekedar kemampuan berbicara. Analytical reasoning, saat ini informasi dan data tersebar luas jadi tidak ada alasan untuk tidak mengetahui sesuatu,” ungkapnya.

Sementara itu, Dwi Asmono membagikan kiat dari sisi pembangunan organisasi. Falsafah yang ia bagikan merupakan falsafah utama yang selama ini diterapkan oleh Sampoerna Agro sejak 1913 dalam meraih kesuksesan, di antaranya adalah Anggarda Paramita yang berarti menuju kesempurnaan.

“Ada dua visi yang paling mendasar dari Anggrda Paramita, yaitu Meritocratic System dan Requisite Organization,” katanya dalam kesempatan yang sama.

Meritocratic system, ujar Dwi, adalah sebuah sistem di dalam organisasi yang menjadikan kapabilitas individu sebagai syarat mendapat posisi, bukan karena adanya nepotisme.

“Bukan karena alumni IPB University, lantas menerima alumni IPB juga. Tetapi siapapun termasuk alumni IPB University di Sampoerna, adalah karena mereka memiliki kapabilitas,” pungkasnya.

Sedangkan Requisite Organization adalah kemampuan anggota organisasi untuk bekerja sama meski dengan latar belakang keilmuwan yang beragam.

“Organisasi akan bergerak apabila memiliki keselarasan untuk bersatu. Jadi siapapun yang punya kapabilitas dari berbagai bidang bisa bersatu untuk memajukan organisasi tentu ia berhak untuk berada dalam sistem ini,” tandasnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker