Trending Topik

Biden Berhasil Kalahkan Trump, Lalu Kapan Hasil Resmi Pilpres AS Diumumkan?

Abadikini.com, WASHINGTON – Meskipun pelaksanaan pemilihan presiden digelar satu hari, pada praktiknya pemungutan suara dan penghitungan bisa butuh beberapa pekan, dan butuh dua bulan untuk mendapatkan hasil resmi yang disahkan Kongres.

Pada Senin (9/11/2020), tahap pemungutan suara sudah selesai, penghitungan suara sudah 99 persen dilakukan kecuali di empat negara bagian, dan proyeksi pemenang sudah diketahui yaitu Joe Biden, mengalahkan petahana Donald Trump.

Trump menolak mengakui kekalahan, mengingatkan bahwa kemenangan Biden hanyalah hasil proyeksi media massa, dan belum ada pengumuman resmi dari negara.

Untuk poin yang terakhir dia benar. Namun, dia tidak bisa meremehkan proyeksi media massa arus utama yang tidak pernah meleset sebelumnya. Karena tidak ada Komisi Pemilihan Umum Nasional maka selama puluhan tahun rakyat Amerika mengandalkan media massa dan lembaga riset untuk mengumpulkan hasil di semua negara bagian sehingga diketahui siapa presiden terpilih.

Tidak ada KPU pusat?

Betul. Pada dasarnya pemilihan presiden di Amerika adalah pemilu terpisah di 50 negara bagian plus District of Columbia, semua punya aturan teknis dan petunjuk pelaksanaan masing-masing.

Karena itu, proses pemilihan dari pemungutan suara sampai pengumuman hasil resmi butuh waktu cukup lama.

Untuk tahun ini, berikut kronologinya.

3 November
Hari pemilihan.

Sebetulnya jutaan orang sudah bisa memberikan suara beberapa pekan sebelumnya, baik via pos atau ke TPS, tetapi hari pemilihan yang resmi sudah ditetapkan pada Selasa pertama setelah Senin pertama bulan November, yang tahun ini jatuh pada tanggal 3. Pada hari itu juga suara masuk mulai dihitung di seluruh penjuru negeri.

4-23 November
Penghitungan suara berlanjut.

Pemberian suara lewat pos harus dipastikan memiliki cap pos tertanggal paling lambat 3 November, sedangkan batas waktu penerimaan surat suara berbeda-beda. Kebanyakan mensyaratkan paling lambat diterima adalah H+2.

Namun, di negara bagian Washington, surat berisi kertas suara ini ditunggu sampai paling lambat 23 November — sehari sebelum hasil negara bagian itu disahkan. Di North Carolina dan Pennsylvania, tenggat waktu untuk suara via pos adalah 6 November, di Minnesota dan Nevada 10 November, dan di Ohio 13 November.

10 November– 11 Desember
Semua negara bagian mengesahkan hasil masing-masing.

Aturan di setiap negara bagian sedikit berbeda, tetapi biasanya sepekan setelah hari pemilihan pemerintah negara bagian mulai mengesahkan hasil pemilihan di tempat mereka. Tenggat waktu bisa mundur kalau ada penghitungan ulang suara, biasanya dalam situasi hasil yang sangat ketat di antara kandidat presiden. Khusus California, sudah ditetapkan tenggat pada 8 Desember.

8 Desember
Tenggat federal bagi semua negara bagian untuk pengesahan hasil.

Di bawah Undang-Undang Penghitungan Suara Elektoral, pada tanggal ini semua negara bagian harus sudah menyelesaikan penghitungan suara, menuntaskan sengketa pemilihan, dan menentukan pemenang suara elektoral di masing-masing negara bagian. Para gubernur menandatangani dokumen yang berisi daftar pemenang pemilihan dan para elektor.

Tenggat waktu federal ini penting, seperti pada kasus pemilihan 2000. Ketika itu, Al Gore menuntut penghitungan ulang di seluruh negara bagian tetapi ditolak Mahkamah Agung karena tidak mungkin selesai sebelum 8 Desember. Hitung ulang hanya di county yang menjadi sumber sengketa dan akhirnya dimenangkan George Bush. Banyak yang mengatakan jika hitung ulang dilakukan di sleuruh Florida, hasilnya bisa mengubah jumlah total nasional dan Al Gore sangat berpeluang menjadi presiden.

14 Desember
Penghitungan suara elektoral.

Menurut UU, suara elektoral dihitung pada Senin pertama setelah Rabu kedua Desember. Tahun ini jatuh pada tanggal 14 Desember. Para elektor berkumpul di negara bagian masing-masing untuk memberikan suara mereka pada presiden Amerika. Ingat, pemilih di Amerika sebetulnya memberikan suara kepada para elektor — tidak langsung kepada calon presiden — sehingga prosedur ini harus dilewati. Sebagian besar negara bagian memiliki hukum yang mengharuskan elektor untuk mendukung pemenang pemilihan di negara bagian mereka dan menetapkan denda besar bagi elektor yang berkhianat.

23 Desember
Suara elektoral yang sudah disahkan tiba di Kongres.

Negara bagian diberi waktu sembilan hari sejak pengesahan suara elektoral untuk mengirim ke Capitol Hill, Washington.

3 Januari
Pengambilan sumpah anggota Kongres baru.

Anggota DPR dan Senat terpilih diambil sumpahnya pada tengah hari, dan akan mengawali kerja Kongres ke-117.

6 Januari
Suara elektoral dijumlahkan.

Anggota DPR dan Senat bertemu di gedung DPR. Presiden Senat, dalam hal ini dijabat Wakil Presiden Mike Pence, memimpin sidang dan masing-masing dua anggota DPR dan Senat membacakan hasil suara elektoral negara bagian diurutkan berdasarkan abjad. Hasil totalnya diberikan kepada Pence, yang lalu mengumumkan secara resmi dan mendengarkan kalau ada keberatan.

Jika ada keberatan atau jika ada daftar elektor ganda dari negara bagian, maka masalah ini akan dipecahkan secara terpisah.

Total ada 538 suara elektoral yang mewakili jumlah anggota Kongres dan presiden terpilih harus mendapat minimal 270.

Jika tidak ada kandidat yang mendapat 270 suara elektoral, maka 435 anggota DPR yang akan memutuskan. Setiap negara bagian punya satu suara. Saat ini, Partai Demokrat memiliki lebih banyak jumlah anggota DPR, tetapi untuk delegasi per negara bagian, Partai Republik lebih unggul. Maksudnya, lebih banyak negara bagian di mana komposisi DPR mereka didominasi anggota Partai Republik.

Jadi, seandainya hasil pemilihan ini imbang 269-269 suara elektoral, sangat mungkin DPR akan memenangkan Trump meskipun Partai Demokrat pegang mayoritas, karena kebijakan satu negara bagian satu suara ini. Dalam hal terjadi kasus imbang begini, DPR punya waktu hingga 20 Januari untuk memilih presiden. Jika mereka gagal melakukannya, wakil presiden atau pejabat berikutnya dalam hirarki yang akan menjadi presiden.

20 Januari
Pelantikan.

Presiden baru diambil sumpahnya pada tengah hari. Jika presiden terpilih wafat sebelum tanggal itu, wakil presiden terpilih yang akan disumpah dan otomatis menjadi presiden.

 

Sumber:CNN

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button