Trending Topik

Tokoh KAMI Minta Gatot Nurmantyo Tak Terima Tanda Jasa Bintang Mahaputra dari Jokowi

Abadikini.com, JAKARTA – Salah satu tokoh deklarator Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Marwan Batubara meminta kepada mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo untuk tidak menerima pemberian tanda jasa Bintang Mahaputera dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga

“Saya mengharapkan dan meminta dengan sangat serius supaya beliau tidak pernah menerima tawaran itu,” kata Marwan Batubara saat dihubungi di Jakarta, Jumat (6/11/2020).

Menurut Marwan, pemberian Bintang Mahaputera adalah salah satu upaya dari Presiden Jokowi untuk membungkam pihak-pihak yang berseberangan dengan pemerintah.

Meskipun wajar, tapi kata dia pemberian tanda jasa tersebut tidak tepat di waktu peringatan hari Pahlawan Nasional 10 November nanti, seharisnya kata dia pada jelang perayaan kemerdekaan RI pada 17 Agustus.

“Motifnya apa? Pemberian ini bukan murni objektif. Meskipun wajar, tapi waktunya tidak tepat, biasanya itu menjelang 17 Agustus,” ujar Marwan.

Untuk itu, Marwan melihat, sikap pemerintah menghadapi pihak-pihak yang kritis pada saat ini, dengan memberikan hal yang menyenangkan atau menangkapnya.

“Kami mengharapkan tidak menerima. Ini kan lebih bagaimana komitmen beliau, dan keteguhan sikap untuk mempertahankan apa yang jadi aspirasi dan perjuangan,” tutur Marwan.

Sebelumnya diketahui, Presiden Jokowi akan menganugerahkan Bintang Mahaputera kepada mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Selain Gatot, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat bakal mendapatkan penghargaan serupa.
Informasi tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD melalui akun Twitter resminya, @mohmahfudmd, Selasa (3/11/2020).

“Tanggal 10 dan 11 November 2020 Presiden akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional (PN) dan bintang mahaputera (BM). Yang dapat gelar PN, antara lain, SM Amin dan Soekanto, yang dapat BM, antara lain, Gatot Nurmantyo dan Arief Hidayat,” tulis Mahfud MD.

Baca Juga

Back to top button