Apa Saja Makanan Khas Sunda ? Berikut 31 Makanan Khas Sunda Asli dan Enak

Abadikini.com – Jawa Barat dikenal sebagai salah satu provinsi dengan ragam kekayaan kuliner. Ngomongin kuliner di Jawa Barat, maka kita gak bisa lepas dari sentuhan budaya Sunda. Makanan-makanan tradisional diolah dengan cita rasanya yang enak dan menarik hati.

Khasnya lagi, Sunda menamai nama-nama kulinernya dengan singkatan yang lucu dan unik, berikut 31 makanan khas sunda yang wajib kamu ketahui:

1. Nasi Timbel

makanan khas sunda nasi timbel
Image: Inspirasikukeni

Nasi timbel jadi salah satu makanan andalan dari tanah Sunda nih. Semacam perkenalan, Nasi Timbel ini jadi pembuka jalan mencicipi makanan Sunda lainnya.

Cara penyajiannya pun enggak berubah lho dari dulu nasi timbel ini konsisten dibungkus dengan daun pisan. Inilah yang bikin nasi timbel enak dan lain dari yang lain. Sebagai pelengkap nasi timbel paling enak dimakan dengan ayam goreng atau panggang, ikan asin, sambal dan tak ketinggalan lalapan.

2. Nasi Liwet

nasi liwet
Image: Travelingyuk

Nasi Liwet sempat viral banget di tahun 2018, masi ingat dong hebohnya makan nasi langsung di atas meja? Nah sebenarnya makanan ini berasal dari Jawa Barat. Liwetan atau nasi liwet biasanya disantap di acara kumpul-kumpul tujuannya untuk mempererat silahturahmi.

Nasi liwet punya citarasa khas ada rasa gurih dan asin yang berasal dari santan kelapa plus ikan teri. Sebagai lauk kamu bisa menambahkan rebusan telur, ikan teri, daun serai, tahu, tempe dan juga ayam goreng atau ayam bumbu kecap yang identing memiliki rasa lezat sedikit manis.

3. Nasi Tutug Oncom

nasi tutug oncom
Image: Warung Sangrai

Mungkin makanan satu ini cukup terdengar asing di telinga kamu. Makanan khas Sunda asli satu ini berasal dari Tasikmalaya. Nasi tutug oncom terdiri dari nasi yang dicampur dengan olahan kedelai yaitu oncom.

Campuran rasa nasi dan oncom inilah yang membuat makanan ini lezat. Biasanya nasi tutug oncom ini dilengkapi juga dengan sambal hijau yang mengugah selera.

4. Karedok

karedok
Image: unileverfoodsolutions.co.id

Kalau Jakarta punya gado-gado, orang Sunda punya karedok. Walaupun sama-sama menggunakan saus kacang, karedok punya rasa saus yang unik karena menggunakan temu kunci. Sayuran mentah yang ditambah dengan siraman bumbu kacang ini paling enak disantap bersama ayam goreng atau gurame goreng.

5. Lotek

lotek
Image: Tribunnews

Jangan salah lotek dan gad-gado beda lho, walaupun sama-sama menggunakan sayuran yang direbus dan disiram bumbu kacang. Sayuran yang wajib ada dalam lotek adalah bayam, kacang panjang dan kapri. Tiga sayuran inilah yang jadi pembeda gado-gado dan lotek. Lotek juga biasa dihidangkan bersama lontong, nasi ataupun mie lho.

6. Empal Gentong

empal gentong
Image: Cookpad

Bukan cuma namanya yang unik, empal gentong juga memiliki cara masak yang enggak kalah unik. Empal gentong berbahan dasar daging, usus, dan babat sapi dimasak dalam gentong tanah liat dengan bumbu khas. Makanan berkuah santan ini paling enak disantap bersama irisan lontong plus bubuk cabaik kering.

7. Empal Gepuk

empal gepuk
Image: Fimela

Kalau tadi empal gentong yang ini namanya empal gepuk. Kedua masakan khas Sund ini cara masaknya sangat berbeda. Empal gepuk dibuat dengan cara yang mirip dengan rendang. Bedanya empal gepuk puya citarasa manis dan lebih kering karena sebelum disajikan harus digoreng terlebih dahulu.

8. Bakakak Hayam

bakakak hayam
Image: Cookpad

Makanan tradisional Sunda yang satu ini selalu hadir di acara syukuran atau hajatan. Bakakak hayam atau ayam bakakak adalah ayam dibakar atau digoreng dengan bumbu dan rempah khas Sunda. Bakakak ayam ini disajikan dalam keadaan utuh.

9. Soto Bandung

soto bandung
Image: Sajian Sedap

Soto Bandung dengan kuah putih dengan irisan daging sapi dan lobak jadi menu favorit wisatawan. Rasa segar dari kuahnya memang tidak ada tandingannya, apalagi disantap saat udara Bandung sedang dingin. Soto Bandung ini makin unik dengan taburan kedelai goreng plus perasan jeruk nipis.

10. Soto Mie

soto mie
Image: Travelingyuk

Soto lain dari dataran Sunda yang juga terkenal adalah soto mie khas Bogor. Soto mie ini sangat terkenal jadi kamu bisa menemukannya dimanapun. Isian soto mie yang ramai mulai dari irisan kol, daging sapi, jeroan sapi, dan risol makin sedap dimakan bersama kuahnya yang punya rasa sedikit pedas.

11.Mie Kocok

mie kocok
Image: Travelingyuk

Berkunjung ke kota Bandung, kurang pas tanpa menyantap mie kocok. Mie kocok ini sangat mudah dijumpai di kota kembang. Mie kocok menggunakan mie kuning yang disajikan dengan kuah kaldu sapi plus irisan kikil. Beberapa tempat makan juga menyajikannya bersama bakso.

12. Sate Maranggi

sate maranggi
Image: apasih.web.id

Sate khas Purwakarta, Jawa Barat juga tak bisa dilupakan dari list aneka makanan Sunda yang wajib dicoba. Sate maranggi menggunakan daging kambing dan sapi sebagai bahan utamanya. Cara memasaknya daging yang telah ditusuk direndam dalam bumbu berempah yang punya rasa manis. Setelah itu baru daging dibakar, nah uniknya sate maranggi ini tidak memiliki saus atau bumbu. Walaupun begitu cita rasa sate sudah berasa di lidah karena bumbu rendamannya.

13. Laksa Bogor

laksa bogor
Image: adakuliner

Laksa bukan hanya da di Indonesia saja, di beberapa kawasan Asia pun memiliki masakan khas serupa. Laksa Bogor punya tampilan yang mirip dengan laksa pada umumnya. Bedanya laksa ini disajikan bersama mie dan oncom plus daun kemangi.

14. Geco

geco
Image: Bogorraincake

Belum pernah dengan makanan yang satu ini? Geco kuliner khas Sunda ini merupakan singkatan dari tauge dan tauco. Campuran tahu dan tauco ini sangat populer di Ciganjur. Makanan Sunda sehari-hari ini mengkombinasikan ketupat dan mie sagu tak lupa juga taburan udang, kacang, dan cuka lahang yang terbuat dari nira.

15. Batagor

batagor
Image: Tokopedia

Makanan ringan khas Sunda yang satu ini juga sudah enggak asing lagi nih. Rasanya batagor bisa ditemukan dimana saja. Makanan khas Bandung yang dibuat dari bahan baku daging ikan tenggiri, tepung sagu, telur, dan kulit pangsit ini jadi jajanan favorit. Sekilas batagor ini mirip siomay yang digoreng, bumbu kacang juga jadi pelengkap jajanan khas Sunda yang satu ini.

16. Tahu Gejrot

tahu gejrot
Image: Travelingyuk

Tahu gejrot makanan khas Cirebon ini sangat populer di kalangan pecinta makanan. Harganya yang murah dan rasanya yang lezat membuat tahu gejrot sangat terkenal. Bahan membuatnya sangat sederhana tahu goreng disiram dengan kuah yang punya rasa cenderung manis-asam. Kalau kamu suka pedas jangan lupa minta cabai rawit yang dicampur di kuahnya.

17. Tahu Sumedang

tahu sumedang
Image: IDNTimes

Oleh-oleh khas Sumedang yang satu ini juga enggak boleh ketinggalan kamu jadikan oleh-oleh. Tahu Sumedang ini punya tekstur khas, kulitnya yang renyah dan kering jadi salah satu keunikannya. Sedangkan tekstur dalamnya sangat lembut, tahu Sumedang ini paling enak disantap dengan cabai rawit apalagi dimakan saat hangat.

18. Surabi

surabi
Image: IDNTimes

Kue khas Sunda surabi ini bisa kamu temukan di beberapa daerah Jawa Barat. Surabi kue yang terbuat dari tepung beras ini dibakar dengan tungku yang terbuat dari tanah liat. Kalau dulu surabi disajikan dengan topping oncom atau gula merah, sekarang surabi disajikan dengan berbagai topping kekinian.

19. Colenak

colenak
Image: Cookpad

Jajanan khas Sunda yang juga jadi favorit orang Jawa Barat. Colenak yang artinya dicocol enak ini terbuat dari tape atau peyeum yang dibakar. Jadi apa yang bikin enak? Peyeum bakar disajikan bersama saus kinca yang terbuat dari gula aren dan kelapa parut.

20. Cungkring

cungkring
Image: Kompasiana

Cungkring yang satu ini nama makanan yang berasal dari kota hujan Bogor. Makanan khas satu ini berbahan dasar kaki sapi, kulit, kikil dan urat sapi. Uniknya cungkring disajikan dengan empat bumbu sekaligus. Campuran bumbu kacang, kunyit, kecap, dan cabai.

21. Gemblong

gemblong
Image: Travelingyuk

Jajanan khas Jawa Barat ini pasti pernah kamu lihat dijual di lampu merah Bandung, Puncak, atau Bogor. Gemblong kue yang terbuat dari tepung beras ketan putih ini dilapisi gula aren punya citarasa khas. Ketika digigit kamu akan merasakan gurih sekaligus manis.

Baca juga: 5 Makanan Khas Sunda Berbahan Sayur yang Sedap dan Menyehatkan

22. Tutut

tutut makanan khas sunda
Image: Kumparan

Tutut jadi makanan Sunda sehari-hari yang penjualnya biasanya menjajakannya di komplek perumahan. Tahu enggak sih kalau tututr itu sebenarnya keong sawah. Biasanya tutut dimasak dengan kuah kari pedas.

23. Awug

awug
Image: Kompas

Kue tradisional dari Jawa Barat sampai saat ini masih jadi primadona lho. Awug terbuat dari campuran tepung beras, air, garam, parutan kelapa dan gula merah. Parutan kelapa dan tepung besar biasanya disusun di anyaman bambu berbentuk kerucut, nah di tengahnya ditaburi gula merah.

24. Seblak

camilan khas sunda seblak
Image: jogjalibnet

Camilan khas Sunda yang satu ini lagi naik daun dan bisa ditemukan di beberapa kota nih. Seblak yang punya rasa pedas dan gurih ini memang bikin ketagihan. Makanan ini juga cukup unik karena bahan dasarnya dari kerupuk yang direndam air bukan digoreng. Seblak kini punya beragam pilihan topping mulai dari ceker sampai makaroni.

25. Kue Balok

kue balok
Image: Bandung Diary

Kue balok khas Sunda ini kini sudah susah sekali ditemukan. Padahal kue balok ini enggak kalah lho sama kue modern zaman sekarang. Kenapa disebut kue balok karena adonannya dicetak dalam wadah balok atau kotak. Sedangkan untuk isiannya kamu bisa pilih meses cokelat sampai keju.

26. Combro

combro camilan khas sunda
Image: Uyora

Tahu apa kepanjangan dari combro? Cemilan khas Sunda yang satu ini punya artinya oncom di jero atau ondom di dalam. Jadi adonan yang terbuat dari singkong ini diisi dengan oncom yang telah dibumbui. Rasa gurih dan pedas dari oncom ini susah untuk ditolak apalagi kalau disajikan saat baru digoreng.

27. Kadedemes

kadedenes makanan khas sunda
Image: Bisnis Bandung

Makanan yang satu ini masih asing di telinga nih, kadedemes terbuat dari kulit singkong. Aneh? Walaupun kamu pikir aneh kadedemes ini malah punya rasa yang enak lho. Kulit singkong yang sudah direbus ditumis bersama bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, dan irisan cabai. Kamu enggak bakal bisa berhenti makan karena rasanya yang gurih pedas.

28. Pepes

pepes ikan
Image: Tastemade

Makanan yang satu ini juga Sunda banget, bisa terbuat dari apa saja pepes ini punya bumbu khas yang mengugah selera. Nah pepes ini juga terbilang makanan yang sehat karena cara memasaknya dikukus. Kamu bisa menggunakan bahan favoritmu misalnya ayam, ikan, tahu, sampai jamur. Kalau suka pedas jangan lupa menambahkan irisan cabai.

29. Tumis Genjer

tumis genjer
Image: Cookpad

Genjer jadi makanan Sunda sehari-hari yang hadir di meja makan. Tumis genjer plus oncom memang jadi menu andalan banyak ibu-ibu selain murah cara memasaknya pun sangat mudah. Sayur yang tumbuh di sawah ini banyak dijual di pasar tradisional ataupun supermarket di Jawa Barat lho.

30. Ulukutek Leunca

ulukutek leunca
Image: Tastemade

Leunca jadi sayur khas Sunda yang sering dijadikan menu sehari-hari nih. Sayur ini punya rasa pahit tapi segar paling enak jika dimasak bersama oncom dan bumbu pedas. Jangan lupa disantap bersama nasi hangat, dijamin kamu enggak akan berhenti ngunyah.

31. Pencok Kacang Panjang

sambel pencok kacang panjang khas sunda
Image:Resep Tina

Pencok kacang panjang ini mirip dengan beberuk terong dari Lombok. Pencok kacang panjang dibuat dengan kacang panjang segar yang dicampur sambal plus kemangi. Ini juga jadi menu makanan sehari-hari Sunda yang paling mudah ditemui.

Sumber Berita
shopback.com
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker