Rizal Ramli Bongkar Janji Kosong Jokowi

Abadikini.com, JAKARTA- Mantan Menko Maritim Rizal Ramli mengungkapkan kekecewaannya pada janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membatasi impor pertanian dan pangan yang hanya sekadar janji. Sebab pada 2014, Jokowi pernah mengungkapkan bahwa dirinya akan menyetop impor khususnya pangan dan mewacanakan kemandirian dalam mencukupi kebutuhan negara.

“Kalau ke depan Jokowi-JK yang jadi, kita harus berani setop impor pangan, setop impor beras, setop impor daging, bawang, kedelai, sayur buah, ikan, karena semua itu kita punya,” tegas Jokowi pada Rabu 2 Juli 2014, seperti dikutip dari Antara. Jokowi juga sempat mengatakan kalau petani menjadi malas berproduksi gara-gara impor berlebihan

“Ini karena semua ada mafianya, mafia daging ada, mafia beras, mafia haji, mafia minyak, semua ada,” ungkap Jokowi kala itu dalam kampanye di Cianjur, Jawa Barat. Namun, nyatanya hingga saat ini tak banyak perubahan yang terjadi. Bahkan, disebut-sebut pemerintah memfasilitasi para mafia.

Dugaan kembali menguat setelah ramai diperbincangkan soal liputan khusus salah satu media nasional yang menyebut Partai NasDem dan Golkar terlibat di dalamnya.

Rizal Ramli pun mengungkapkan kekecewaannya sambil mengunggah potret daftar perusahaan bidang pertanian. “Pak Jokowi masih aja pat-gulipat. Katanya mau bela petani, tapi kebijakan sebaliknya, ini bagi-bagi rente ke kroni. Malu-maluin ih!” cuitnya lewat akun @RamliRizal, Senin (2/11).

“Ganti sistem kuota impor dengan sistem tarif. Penerimaan tarif pakai untuk meningkatkan produksi dalam negeri,” kata dia menyarankan. “Gitu aja repot, masih banyak beban ya?” pungkas Rizal.

Baca Juga

Back to top button