Trending Topik

Beda Sikap Hasil Sementara Pilpres AS, Trump Minta Penghitungan Dihentikan, Biden Menunggu Hasil Akhir

Abadikini.com, WASHINGTON – Sikap berbeda disampaikan kedua calon presiden Amerika Serikat (AS) mensikapi perolehan suara sementara Pilpres AS 2020.

Calon Presiden petahana Donald Trump meminta penghitungan suara dihentikan karena diduga ada kecurangan. Sementara Joe Biden meminta kepada pendukungnya untuk bersabar menantikan sampai dengan hasil akhir penghitungan Pilpres AS. Biden meyakini akan memenangkan Pilpres Amerika 2020 ini.

Saat bepidato dihadapan pendukungnya di seremonial Ruang Timur Gedung Putih, Calon Presiden petahana Amerika Serikat, Donald Trump, melontarkan tuduhan ada indikasi kecurangan dalam pemilihan Presiden Amerika Serikat periode 2020-2024.

Untuk itu, Trump menginginkan agar seluruh penghitungan suara segera dihentikan. Trump juga mengancam akan mempermasalahkan indikasi kecurangan itu ke Mahkamah Agung Amerika Serikat, untuk menganulir seluruh perhitungan suara.

“Ini merupakan penipuan terhadap masyarakat AS. Ini sangat memalukan negara kita,” kata Trump seperti dilansir CNN, Rabu (4/11/2020).

Trump tampaknya bermaksud menghentikan penghitungan surat suara yang dapat diterima secara hukum oleh dewan pemilihan negara bagian setelah pemilihan hari Selasa, asalkan dikirim tepat waktu.

Sementara itu, Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Joe Biden, juga telah memberikan pernyataan. Berbeda dengan Trump yang nampak percaya diri, Biden lebih memilih untuk menunggu hasil resmi.

“Kami merasa sangat baik, kami betul-betul merasa sangat baik. Saya harus memberi tahu kalian, kami percaya ada di jalan yang benar untuk memenangkan pemilu ini,” kata Biden pada dini hari waktu setempat.

Ia pun mengatakan bahwa bukan dia atau Trump yang layak memberikan deklarasi kemenangan, melainkan publik.

“Ini bukan tempat saya atau Donald Trump untuk mendeklarasikan siapa yang memenangkan pemilihan. Keputusan itu ada di tangan masyarakat Amerika. Tapi saya optimis dengan hasilnya,” tuturnya.

Berdasarkan perhitungan suara CNN di situs yang diakses pukul 15.30 WIB, Biden unggul perolehan suara elektoral dengan 220 suara, sementara Trump hanya meraih 213 suara.

Persaingan tahun ini bisa dikatakan cukup ketat, sebelum mendapat 213 suara, perolehan suara Trump sempat tertinggal jauh dari Biden.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker