#IStandWithFrance Jadi Trending di India Gegara Prancis Lecehkan Islam

Abadikini.com, NEW DELHI – Tanda pagar #IStandWithFrance dan #WeStandWithFrance sedang jadi trending topic di Twitter India sebagai dukungan untuk Prancis. Dukungan itu menggema ketika Muslim di seluruh dunia memprotes dan memperluas seruan untuk memboikot produk Prancis atas komentar Presiden Emmanual Macron tentang Islam dan kartun Nabi Muhammad.

Dua tanda pagar (tagar) itu berada di tren teratas Twitter India pada hari Senin dan Selasa, di mana ribuan penggunaa Twitter di India mengekspresikan solidaritas mereka dengan Prancis.
Macron telah memicu kemarahan di seluruh dunia Muslim dengan menuduh Muslim Prancis “separatisme” dan menggambarkan Islam sebagai “agama yang mengalami krisis di seluruh dunia”.

Masalah meningkat setelah Macron mengatakan negaranya tidak akan “meninggalkan karikatur” Nabi Muhammad setelah pembunuhan seorang guru Prancis yang menunjukkan karikatur atau kartun tersebut kepada para muridnya di kelas.

Hal itu menyebabkan kemarahan di dunia Muslim, di mana pengunjuk rasa di beberapa negara mayoritas Muslim, termasuk Turki, Pakistan, dan Bangladesh, menyerukan pemboikotan barang-barang Prancis dan menuntut pengusiran duta besar Prancis.

“Apa pun yang dilakukan Prancis melawan terorisme Islam radikal, itu bagus bagi saya karena warga Bhartiya mendukung #Emmanuel_Macron karena memerangi terorisme mazhabis radikal ini, kita harus menghargainya. Bharat berdiri bersama Prancis. #welldoneFrance #IStandWithFrance,” tulis pengguna akun Twitter @InfoVedic, Selasa (27/10/2020).

Di India, di mana para kritikus mengatakan sentimen anti-Muslim telah meningkat sejak partai sayap kanan Bharatiya Janata (BJP) berkuasa pada tahun 2014, banyak yang berunjuk rasa membela pemimpin Prancis.

“Toleransi juga harus sekuler. #IStandWithFrance. Selamat, Presiden Prancis,” tulis Parvesh Sahib Singh, seorang anggota parlemen BJP di Twitter, yang dikutip Al Jazeera, Rabu (28/10/2020).

Baca Juga

Back to top button