Trending Topik

Periode Kedua Ruksamin Prioritaskan Peningkatan Harga Merica dan Pupuk Gratis untuk Petani

Abadikini.com, WANGGUDU – Pasangan calon bupati-wakil bupati petahana Konawe Utara (Konut) Ruksamin-Abu Haera di periode kedua akan prioritaskan peningkatan harga merica dan pemberian pupuk gratis bagi petani merica.

Baca Juga

Hal itu disampaikan Ruksamin saat menggelar kampanye terbatas di wilayah perkebunan merica miliknya, di Desa Pondoa, Kecamatan Wiwirano, yang sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai petani merica, pada Selasa (27/10/2020.

Menurut Ketua DPW Partai Bulan Bintang Sultra itu, ketika dirinya sejak menjabat sebagai bupati pada periode pertama, telah membuka lahan perkebunan merica di lokasi tersebut untuk masyarakat Desa Pondoa.

“Pertama kali saya cetuskan yang namanya Jumat berkah di Pondoa sinilah saya mendapatkan inspirasi dengan membuka lahan kebun pribadi disini,” kata Ruksamin.

Langkah-langkah yang diambil dengan dibentuknya koperasi yang bekerjasama dengan Kesatuan Pengelolaan Hutan produksi (KPHP).

“Alhamdulillah, langsung disetujui dengan dibukanya lahan berjumlah 400 hektar dan sudah dinikmati oleh masyarakat Pondoa untuk dibuka lahan perkebunan merica,” ungkap Ruksamin.

Calon bupati petahana Ruksamin saat panen Marica diwilayah perkebunan merica, di Desa Pondoa, Selasa (27/10)

Ini semua adalah kerja yang luar biasa bahkan dari kementerian kehutanan langsung memberikan bibit dan rumah produksi.

Pondoa ini sudah sangat luar biasa, Sebab kata Ruksamin, kalau kita pergi di kementerian kehutanan dipintu masuk gedung Manggala disana akan terlihat produk merica Konasara.

“Artinya hasil dari sini sudah ada di kementerian kehutanan itu adalah bukti nyata ini merupakan contoh hasil produksi pertanian kita yang dari Kabupaten Konut,“ bebernya.

Tidak cukup sampai disitu, saat ia berkunjung di Desa Pandoa, ia rela gelap-gelapan. Inilah yang menjadi dasar sampai masuknya listrik di wilayah Desa Pondoa.

“Walaupun hanya berapa kepala keluarga (kk) yang namanya masyarakat saya dimanapun mereka berada yang memilih Ruksamin saya tidak tega yang lain sudah ada Pondoa belum menyala hingga akhirnya didorongnya kabel sampai kesini, Alhamdulillah dengan gratis semua sudah masuk KWH dirumah-rumah warga khususnya di Desa Pondoa ini dan tidak akan lama lagi sampai kewilayah perkebunan merica ini,” tegasnya.

Ia juga menambahkan bahwa telah merekomendasikan peningkatan jalan dan pembangunan jembatan di Desa Pondoa.

Jadi tegasnya, semuanya sudah masuk perencanaan mulai dari pengerasan jalan dan pembangunan jembatan yang menghubungkan wilayah Tetewatu sampai dengan Routa Kabupaten Konawe serta jembatan Lahuone.

Mohon doanya kalau tidak berubah sekarang sudah ditahap verifikasi online.

“Tinggal dari BNPB pusat dalam waktu satu dua minggu ini dan mereka akan verifikasi langsung karena jembatan itu sudah saya masukkan, dan kalau itu lolos maka tidak akan menunggu kedepan. Bulan sebelas ini sudah akan ditender untuk tahun ini dan itu anggarannya akan siap,” tambahnya.

Lebih lanjut dalam orasi politiknya Ruksamin mengatakan akan terus berkoordinasi untuk meningkatkan harga merica. Selain itu ia akan memberikan pupuk secara gratis kepada seluruh warga yang menanam merica yang ada di Desa Pondoa.

Karena ini merupakan salah satu yang berat bagi petani merica. Bersamaan dengan jaringan air yang akan dipersiapkan untuk menyiram tanaman kita pada saat musim panas dan kemarau tiba,” ujarnya.

Ditempat yang sama, H Yunus salah satu perwakilan masyarakat Pandoa sekaligus petani merica sangat berterimakasih kepada Ruksamin yang telah banyak membantu masyarakat Desa Pondoa.

“Kami dari masyarakat pondoa sangat berterimakasih kepada Ruksamin dengan kedatangannya di Desa Pondoa telah banyak membantu dalam hal pengelolaan KPHP dengan melaksanakan kegiatan penanaman merica serta dialiri penerangan listrik gratis diwilayahnya “ ujar Yunus.

Baca Juga

Back to top button