Ucapan Macron Presiden Prancis Soal Islam yang Timbulkan Kecaman dari Dunia Islam

Abadikini.com, JAKARTA – Gejolak akibat pernyataan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, karena dinilai menghina Islam menimbulkan kecaman dari sejumlah pihak dari dunia Islam diantaranya Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan PM Pakistan Imran Khan.

Menutip dari CNN Indonesia, polemik itu dimulai sejak awal Oktober lalu. Saat itu Macron menyampaikan pernyataan tentang ancaman kelompok radikal Muslim yang ingin mengubah nilai-nilai liberalisme dan sekulerisme di Prancis.

“Ada kelompok radikal Islam, sebuah organisasi yang mempunyai metode untuk menentang hukum Republik dan menciptakan masyarakat secara paralel untuk membangun nilai-nilai yang lain,” kata Macron kala itu.

Akibatnya, tidak lama setelah menyampaikan pernyataan itu, sebuah tragedi terjadi pada 16 Oktober. Seorang guru sejarah di Prancis, Samuel Paty (47), dipenggal di daerah Eragny oleh seorang pemuda pendatang dari Chechnya bernama Abdoullakh Abouyezidovitch (18).

Pemicunya adalah dia sempat membahas tentang kartun Nabi Muhammad S.A.W., di dalam kelas yang kemudian menuai kontroversi. Di awal, Samuel Paty sudah mengizinkan sejumlah pelajar Muslim untuk keluar kelas jika tidak sepakat dengan materi yang dia bahas.

Topik pembelajaran itu lantas diceritakan oleh sejumlah murid Muslim kepada orang tua mereka. Peristiwa itu lantas ramai diceritakan di media sosial.

Samuel Paty yang melihat unggahan itu kemudian mengadu ke polisi atas dugaan pencemaran nama baik.

Abouyezidovitch disebut melihat unggahan itu di media sosial dan merencanakan membunuh terhadap Samuel Paty. Dia lantas mendekati murid-murid di SMU du Bois d’Aulne untuk mengenali incarannya, dengan imbalan uang.

Pemuda itu kemudian menyerang saat Samuel Paty pulang kerja. Dia kemudian ditembak mati oleh polisi karena dianggap mengancam lantaran membawa senjata mainan yang dikira senjata api.

Selama ini gerak-gerik sang pelaku tidak pernah terpantau satuan intelijen antiteroris Prancis.

Setelah kejadian itu, Macron langsung mendatangi lokasi. Dia menyatakan pelaku adalah seorang radikal Muslim. Dia menyebut Samuel Paty sebagai martir karena mengajarkan kebebasan berpendapat.

Saat itu Marcon juga langsung memerintahkan supaya aparat keamanan mengawasi sejumlah organisasi masyarakat Muslim, dan menutup sejumlah masjid yang diduga menyebarkan paham radikal.

Tidak lama berselang, Macron kembali memantik perdebatan setelah menyampaikan pernyataan pada Jumat (23/10), pekan lalu. Macron mengatakan bahwa Islam adalah “agama yang mengalami krisis di seluruh dunia”.

“Sekulerisme adalah pengikat persatuan Prancis. Jangan biarkan kita masuk ke dalam perangkap yang disiapkan oleh kelompok ekstremis, yang bertujuan melakukan stigmatisasi terhadap seluruh Muslim,” ujar Macron.

Macron bahkan berencana mengajukan rancangan undang-undang yang akan mewajibkan seluruh sekolah, baik negeri maupun swasta, menerapkan konsep sekuler. Sebab menurut dia, jika pemerintah gagal membina muda-mudi Muslim dalam kerangka masyarakat sekuler, maka kelompok radikal akan mengambil alih peran itu.

Pernyataan Macron ditanggapi oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Dia mengatakan Macron harus memeriksakan kesehatan jiwanya akibat melontarkan pernyataan tersebut.

“Apa masalah individu yang dipanggil Macron dengan Islam dan dengan Muslim? kata Erdogan, “Macron butuh pengobatan mental.”

Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan, menuduh Macron, “menyerang Islam” akibat pernyataan tersebut.

“Ini adalah saat di mana Presiden Macron bisa memberikan sentuhan penyembuhan dan menyangkal ruang bagi para ekstremis daripada menciptakan polarisasi dan marginalisasi lebih lanjut yang pasti mengarah pada radikalisasi,” cuit Khan.

“Sangat disayangkan bahwa dia memilih untuk mendorong Islamofobia dengan menyerang Islam daripada teroris yang melakukan kekerasan, baik itu Muslim, Supremasi Kulit Putih, atau ideologi Nazi,” tambah Khan.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker