Tips Rambut Sehat untuk Muslimah Berhijab

Abadikini.com, JAKARTA – Indonesia merupakan negara dengan jumlah umat Islam terbanyak di dunia. Karenanya, tidak aneh jika banyak kaum hawa yang memutuskan untuk berhijab sebagai salah satu bentuk ketaatan terhadap agama. Namun, hal yang sering luput dari perhatian adalah kesehatan rambut bagi wanita Muslimah berhijab. Mengapa?

Rambut yang tertutup seharian lebih rentan terkena masalah, seperti gatal, lepek, ketombe, hingga rontok. Jadi, apa yang bisa dilakukan untuk meminimalisir dampak penggunaan hijab?

Berikut tips rambut sehat yang bisa wanita Muslimah berhijab praktikkan, seperti dilansir dari Go-dok.

1. Hindari mengikat rambut basah

Tips rambut sehat pertama dengan tidak mengikat rambut yang basah. Jika Anda muslimah berambut panjang serta terbiasa keramas di pagi hari, maka sebaiknya hindari mengikat rambut yang masih basah sebelum mengenakan hijab. Mengapa?

Karena kebiasaan tersebut ternyata dapat membuat akar dan batang rambut lebih rapuh sehingga mudah patah. Selain itu, menutup rambut yang masih basah dengan hijab, Anda secara tidak langsung akan membuat kulit kepala lembap, gatal, dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Solusinya, jika keramas di pagi hari tidak bisa dihindari, Anda dapat menggunakan hair dryer dengan suhu rendah hingga sedang agar rambut cepat kering.

2. Biarkan rambut bernafas

Menurut Dr. Natalia Botchkareva dari University of Bradford, rambut dapat tumbuh dengan optimal jika mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Dengan memakai hijab setiap hari, Anda telah membatasi asupan oksigen rambut sehingga tumbuh kembangnya pun akan terhambat.

Solusinya, saat di rumah, usahakan untuk meluangkan waktu di mana Anda tidak mneggunakan hijab. Ini ditujukan agar rambut dapat ‘bernapas’ lebih leluasa. Mudah, bukan?

3. Cuci dalaman hijab secara teratur

Selanjutnya tips rambut sehat bagi wanita berhijab. Apakah Anda termasuk muslimah yang jarang mencuci dalaman hijab? Jika iya, sebaiknya mulai ubah kebiasaan tersebut, karena debu dan kotoran yang menumpuk di kulit kepala dapat membuat pori-pori rambut tersumbat sehingga memicu timbulnya ketombe. Tentunya, Anda tidak ingin sering merasakan gatal, bukan?

4. Jangan ikat rambut terlalu kencang

Tahukah Anda, bahwa ikatan rambut yang terlalu kencang dapat menekan akar rambut dan memicu kerontokan? Jangan anggap sepele lho, karena jika dibiarkan terus-menerus, hal ini akan membuat Anda lebih rentan terkena kebotakan prematur.

5. Menerapkan pola hidup sehat

Terakhir, tips rambut sehat yaitu dengan menerapkan pola hidup sehta. Ingin rambut sehat meskipun mengenakan hijab? Rutin mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan zinc seperti daging merah, ayam, brokoli, biji-bijian, dan telur karena bahan pangan tadi terbukti berkhasiat untuk menutrisi folikel kulit, merangsang pertumbuhan rambut, hingga mencegah rambut kering dan berketombe.

Para Muslimah, selamat mencoba ya!

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker