Trending Topik

Detik-detik Saat Angin Puting Beliung Terjang Wilayah Babelan Bekasi

Abadikini.com, BEKASI – Angin puting beliung terjadi di wilayah Bekasi, Jawa Barat pada Jumat (23/10). Atap rumah, papan reklame sampai dengan sampai sepeda motor roboh diterjang angin ribut tersebut. Belum ada keterangan resmi apakah peristiwa alam ini ada kaitannya dengan fenomena La Nina.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, lokasi terdampak berada di Kecamatan Bekasi Utara (Kota Bekasi) dan Babelan (Kabupaten Bekasi). Angin mulai terasa bertiup kencang pukul 13.00 WIB dan banyak terekam ponsel warga di sana.

Di kawasan Marakash misalnya. Seorang warga merekam detik-detik angin puting beliung. Sampah-sampah berterbangan, reklame tumbang, gerobak hingga kios semi permanen roboh. Sejumlah warga tampak panik berhamburan menjauh dari dari benda yang berpotensi roboh.

Akibatnya, sebanyak 64 rumah di perbatasan Kabupaten dan Kota Bekasi itu terdampak. Namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa angin puting beliung tersebut.

Taufik, warga yang tinggal di sekitar Pasar Marakas, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi mengatakan angin puting beliung menerjang atap rumah warga sekitar pukul 13.10 WIB. Tak hanya itu, sepeda motor yang diparkir di sekitar pertokoan pasar maupun lapak pedagang kaki lima, terjungkal dihantam derasnya angin.

“Kejadiannya tadi siang, motor yang diparkir terjungkal,” ujar Taufik menceritakan derasnya sapuan angin puting beliung.

Bahkan, gerobak tukang rujak dan buah-buahan juga roboh diterjang angin. Pengendara roda dua maupun roda empat yang berada di lokasi tersebut, menghentikan laju kendaraannya. “Kejadiannya sebentar hanya beberapa menit tapi anginnya kencang banget,” imbuhnya.

Sementara, berdasarkan data Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, sedikitnya 64 rumah warga terdampak angin puting beliung siang tadi. Puluhan rumah tersebut tersebar di Desa Babelan Kota berjumlah 58 rumah dan Kelurahan Bahagia sebanyak 6 rumah.

“Ada 64 rumah terdampak,” ujar salah satu Satgas BPBD Kabupaten Bekasi, Andhika.

Dia merinci, Desa Babelan Kota yang terdampak berada di RT 05/RW 05 sebanyak 12 rumah, RT 07/RW 05 sebanyak 10 rumah, RT 06/RW 05 sebanyak 8 rumah, RT 21/RW 02 sebanyak 8 rumah, RT 08/RW 06 sebanyak 10 rumah dan RT 09/RW 06 sebanyak 10 rumah.

Sedangkan di Kelurahan Bahagia rumah warga yang terdampak berada di RT 02/RW 13 berjumlah 2 rumah, RT 01/RW 13 berjumlah 2 rumah, RT 05/RW 13 sebanyak 1 rumah dan satu rumah makan.

“Hujan deras disertai angin kencang juga menyebabkan beberapa rumah warga tertimpa pohon dan rusak akibat diterjang angin kencang,” bebernya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker