Ini Kronologis Anggota DPR RI Aspirasikan Protes Warga Soal Naiknya Harga Tiket Pantai Boom

Abadikini.com, BANYUWANGI – Sehubungan dengan adanya protes dari masyarakat terkait harga tiket weekend di Pantai Boom, maka Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan/Dapil Jatim III/Komisi VI (yang salah satu mitranya adalah BUMN), Sonny T. Danaparamita telah melanjutkan aspirasi dan/atau protes dari masyarakat tersebut.

Adapun kronologis Sonny yang dilakukannya, hasilnya adalah sebagai berikut :

Pada tanggal 11 Oktober 2020, Sonny mendapatkan informasi sekaligus pengaduan tentang adanya kenaikan harga tiket masuk Pantai Boom, Banyuwangi. Dari orang tersebut, ia mendapatkan informasi pula bahwa harga tiket tanda masuk Pantai Boom sebesar Rp. 15.000,-

Selanjutnya, dirinya mencoba mengkonfirmasi harga tersebut ke berbagai pihak. Termasuk diantaranya ia meminta informasi kepada GM Pelindo Tanjung Wangi.

Dari GM Pelindo ini (saudara Andi Mawarta), diperoleh keterangan bahwa, memang benar harga tiket masuk Pantai Boom sebesar Rp. 15.000. Tiket sebesar itu berlaku pada malam Minggu dan dalam tiket tersebut include dengan voucher untuk membeli makanan, minuman dan wahana permainan sebesar Rp. 4000,-.

Sedangkan, harga tiket untuk Weekday sebesar Rp. 10.000. GM Pelindo Tanjung Wangi selanjutnya menyarankan untuk mengkonfirmasi hal ini kepada Dirut Pelindo Property Indonesia (PPI) sebagai pengelola dari Pantai Boom.

“Guna memperkuat dan melengkap data segala hal yang terkait dengan Pantai Boom (halmana khusus mengenai tiket sebesar Rp. 15.000 ini sekarang sedang ramai di perbincangkan di akun-akun medsos warga Banyuwangi), saya pada hari Jumat, tanggal 16 Oktober 2020 berkunjung secara langsung ke Pantai Boom,” ungkap Sonny pada rilisnya. Rabu, (21/10/2020) pagi hari.

Selain memastikan harga tiket masuk, Sonny T. Danaparamita selaku Anggota DPR RI dari Dapil Jatim III sekaligus Anggota Komisi VI, ia juga melihat para pelaku UMKM yang melakukan usaha di dalam wilayah Pantai Boom.

“Kemudian saya berkomunikasi dengan Dirut Pelindo Property Indonesia yang selanjutnya berjanji melakukan pertemuan pada hari Selasa, tanggal 20 Oktober di Surabaya. Karena saya harus melakukan kunjungan kerja dan serap aspirasi dahulu di Kabupaten Bondowoso dan Situbondo,” ungkapnya.

Dalam pertemuan di Surabaya yang dihadiri oleh Sonny beserta dua orang Tenaga Ahlinya. Sonny selaku Anggota DPR RI dan Dirut PPI (Edward Danner P.N), Manager Area PP Banyuwangi (Nurilma Septanti), beserta satu orang staff.

“Hasil pertemuan tersebut antara lain sebagai berikut (setelah saya menyampaikan berbagai keluhan masyarakat dan para pelaku UMKM, serta dukungan masyarakat agar Pantai Boom juga dapat menjadi destinasi yang selalu direkomendasikan):

✓ Khusus mengenai tiket masuk, harganya akan diturunkan kembali menjadi Rp. 10.000,- (Opsi lainnya adalah menurunkan lagi harga tiket orang, namun menaikkan harga tiket parkir kendaraan.

Prinsipnya, semuanya akan disesuaikan dengan daya beli masyarakat dan juga biaya operasional dari PT. PPI yang harus menata lahan seluas 44,2 Ha)

✓ Berbagai fasilitas akan terus ditingkatkan, termasuk sarana kebersihan dan imbauan berperilaku bersih bagi para pengunjung (Misalnya : bak sampah di lokasi wisata memang sengaja tidak di sembarang tempat agar tidak mengurangi keindahan.

Untuk itu, kesadaran pengunjung untuk menyimpan sementara sampahnya (jika kebetulan jauh dari tempat sampah) harus ditingkatkan.

✓ Membantu meningkatkan keterampilan dan pola kebersihan para pelaku usaha kuliner yang ada di Pantai Boom, termasuk adanya beberapa kegiatan yang akan dimasukkan dalam kalender event Pantai Boom agar dapat meningkatkan pendapatan para pelaku UMKM.

✓ Membuat kartu khusus (free pass) bagi masyarakat yang bekerja di dalam Pantai Boom.

✓ PT PPI akan terus melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan, khususnya di wilayah sekitar Pantai Boom.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker