Resep Soto Ayam Kuning Sederhana, Enak dan Lezat

Siapa yang tidak kenal dengan soto ayam? Makanan berkuah kuning yang gurih dan enak ini, pasti sudah akrab dengan lidah keluarga Indonesia ya.

Baca Juga

Soto ayam kuah kuning bisa menjadi hidangan andalan Bunda kalau mau mengadakan arisan lho. Cara membuatnya pun tergolong praktis dan efisien untuk banyak orang.

Tertarik untuk membuatnya? Berikut resep yang kutip dari buku Kitab Masakan Kumpulan Resep Sepanjang Masa. Cek bahan-bahannya berikut ini ya

Bahan :

1/4 ekor ayam, ambil bagian dadanya saja
2 liter air
2 lembar daun salam
3 sdm minyak untuk menumis
2 batang serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
6 lembar daun jeruk purut
1 buah tomat, potong-potong
2 tangkai daun bawang, potong-potong
50 gram tauge pendek, seduh dengan air panas, tiriskan
5 lembar daun kol, buang tulang daunnya, iris halus
50 gram soun, seduh air hangat, tiriskan
1 butir jeruk nipis, ambil airnya
2 sdm kecap manis
Bawang goreng

Bahan halus :

6 siung bawang putih
1/2 sdt merica butir
5 butir kemiri
3 cm kunyit
Garam secukupnya
3 cm jahe

Cara membuat :

1. Rebus ayam bersama daun salam sampai air rebusan mendidih dan ayam matang. Angkat ayam, dinginkan, lalu suwir-suwir. Ambil kaldunya sebanyak 1.300 ml, lalu sisihkan.

2. Panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus bersamaan dengan serai, daun jeruk purut, lengkuas, tomat, dan daun bawang sampai harum dan matang. Masukkan daging ayam yang tadi sudah disuwir, lalu aduk rata.

3. Tuangkan air kaldu, lalu biarkan hingga mendidih. Tambahkan taoge pendek dan irisan daun kol, masak dengan api kecil sampai matang.

4. Angkat, beri perasan jeruk nipis dan kecap manis. Tambahkan soun, lalu aduk hingga tercampur rata. Soto ayam siap disajikan, jangan lupa beri topping bawang goreng

5. Selamat menikmati!

Back to top button