Trending Topik

Dubes RI Arab Saudi Jelaskan Sampai Detik ini Habib Rizieq Belum Bisa Meninggalkan Saudi

Abadikini.com, JAKARTA – Dubes RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel menjelaskan bahwa Habib Rizieq Shihab (HRS) belum bisa diizinkan meninggalkan Arab Saudi.

“Berdasarkan komunikasi kami dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, bahwa sampai detik ini Habib Rizieq dalam sistem portal imigrasi Kerajaan Arab Saudi masih “blinking merah” dengan tulisan ta’syirat mutanahiyah (visa habis) dan dalam kolom lain tertulis: mukhalif (pelanggar UU),” ucap Agus seperti dikutip dari kumparan, Rabu (14/10/2020).

“Bentuk pelanggaran: mutakhallif ziyarah (overstay dengan visa kunjungan). Ada juga kolom “ma’lumat al-mukhalif” (data tentang pelanggar). Di kolom foto MRS ditulis “Surah al-Mukhalif” foto pelanggar,” sambung dia.

Red Blink adalah sinyal bahwa yang bersangkutan belum bisa keluar dari Arab Saudi.–Dubes RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel

Kabar kepulangan Rizieq disampaikan saat aksi demo PA 212 menolak Omnibus Law di Jakarta (13/10).

Saat itu seorang orator demo mengatakan, bahwa Rizieq segera pulang ke Indonesia, karena cekal dan denda yang sempat dijatuhkan sudah dicabut.

“Alhamdulillah, setelah melalui proses perundingan panjang, dari Habib Rizieq Syihab dan otoritas Kerajaan Saudi, akhirnya terdapat kejelasan dan titik terang kepulangan Habib Rizieq Syihab, wasyukurilah, pada hari ini Imam besar Habib Rizieq Syihab secara resmi sudah dicabut cekalnya. Dan hari ini juga sudah dibebaskan dari denda-dendanya, denda apa pun, karena imam besar Habib Rizieq Syihab tidak bersalah di Saudi.” ujar orator yang menerjemahkan pidato Rizieq.

“Alhamdulillah wasyukurilah, setelah cekal ditarik dan denda dihapus, imam besar Habib Rizieq Shihab sedang menunggu proses administrasi,” lanjut dia.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker