Trending Topik

Usai Demo Anarkis, 20 Orang Langsung Reaktif Corona

Abadikini.com, MALANG – 20 dari 129 orang diamankan di Polresta Malang akibat melakukan demonstrasi anarkis berujung kericuhan di kawasan Gedung DPRD Kota Malang, Kamis (8/10/2020), dinyatakan reaktif corona (Covid-19) berdasarkan hasil rapid test.

“20 orang dinyatakan reaktif. Bagi yang reaktif nanti akan menjalani pemeriksaan swab,” kata Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata, dalam keterangannya, Jumat (9/10/2020).

Leo menyatakan, melakukan pemeriksaan secara persuasif dan humanis pada para pendemo yang diamankan. Dari 129 orang, lanjutnya, lima orang diantaranya perempuan.

Rinciannya, sebanyak 59 orang mahasiswa, 14 pelajar SMA, 15 pelajar SMK, dua orang pelajar SMP, seorang buruh, seorang security, 5 kuli bangunan, dan 15 orang pengangguran.

“Mereka rata-rata berasal dari Malang, tapi ada juga yang berasal dari Jombang, Banyuwangi, dan Pasuruan,” ungkapnya.

Pihak kepolisian pun melakukan pendalaman 1×24 terhadap orang-orang yang diamankan tersebut guna menentukan status dan peran mereka dalam aksi demonstrasi kemarin.

“Kalau memang ada indikasi pelanggaran akan kita proses hukum. Yang tidak terlibat akan kita kembalikan ke rumah masing-masing,” ujar Leo.

Untuk diketahui, akibat demo berujung ricuh tersebut, beberapa fasilitas umum dan kendaraan dinas mengalami kerusakan parah.

Diantarnya mobil dinas milik Satpol PP Kota Malang, mobil dinas SKPD Pemkot Malang, 4 kendaraan dinas roda milik Polresta Malang Kota, satu unit bus milik Polres Batu, truk dinas milik Polres Blitar.

“Termasuk juga kerusakan di gedung DPRD, Balaikota, dan kerusakan fasilitas umum lain di sepanjang jalan,” tuturnya.

Selain kerusakan materi, massa demonstrasi dan petugas kepolisian juga mengalami luka-luka terkena lemparan batu. Beberapa diantaranya harus menjalani perawatan di rumah sakit.

“Ada belasan anggota kami yang luka,” pungkas Leo.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker