Kebakaran Besar yang Justru Mengubah Sejarah, Apa Saja ?

Abadikini.com –  Kebakaran besar-besaran telah menghapus artefak penting, tetapi juga menyebabkan reformasi dan pembangunan kembali yang signifikan.

Sepanjang sejarah, kebakaran telah menyebabkan perubahan drastis dalam pola populasi, infrastruktur, dan jalannya peristiwa dunia. Mengutip laman History, berikut ini adalah lima kebakaran besar yang mengubah sejarah.

Kebakaran Perpustakaan Alexandria
The Library of Alexandria adalah bagian dari The Mouseion (“Temple to the Muses”) di Alexandria. Isinya kekayaan yang tak terhitung. Pengetahuan tentang dunia kuno, yang menyimpan setengah juta gulungan dari Asyur, Yunani, Persia, Mesir dan India. Sarjana dari seluruh dunia pergi ke sana untuk belajar dan bekerja, termasuk Euclid dan Ptolemeus.

Perpustakaan ini dibangun di bawah pemerintahan Ptolemeus I Soter, seorang jenderal Alexander Agung dan pendiri Ptolemeus Mesir, pada tahun 283 SM. Kehancuran perpustakaan begitu dramatis sehingga telah diabadikan oleh penulis drama dari William Shakespeare.

Api yang menghancurkannya diselimuti kontroversi. Plutarch mengklaim Julius Caesar memulai kobaran api ketika dia membakar kapalnya di pelabuhan saat mencoba merebut kendali kota pada 48 SM.

Sebagian besar sarjana percaya bahwa cabang perpustakaan bertahan di kuil Serapeum, hanya untuk dihancurkan pada 391 SM. oleh Theophilus, uskup dari Aleksandria, dan pengikut Kristennya, yang kemudian membangun sebuah gereja di situs tersebut. Terlepas dari siapa yang harus disalahkan, gulungan yang berisi pengetahuan kuno hilang dari sejarah selamanya.

Kebakaran Besar London
Kebakaran hutan California tahun 2020 bukanlah kebakaran pertama yang terjadi selama pandemi. Kebakaran Besar London berkecamuk di kota selama Wabah Hitam dan menghancurkan lebih dari 13.000 rumah, menyebabkan 100.000 orang kehilangan tempat tinggal. Dari 2 September-6 September 1666, api memusnahkan sebagian besar kota abad pertengahan dan merusak bangunan ikonik seperti Katedral St. Paul.

Orang-orang melarikan diri dengan membawa sebanyak mungkin barang yang bisa mereka bawa, termasuk penulis buku harian Samuel Pepys, yang melarikan diri pada pukul 4 pagi dengan gaun tidurnya di dalam kereta.

Membangun kembali London membutuhkan waktu lebih dari 30 tahun, tetapi perencanaan kota Sir Christopher Wren masih dapat dilihat hari ini di gedung-gedung batu kota dan jalan-jalan yang lebih luas, yang menggantikan gang-gang sempit dan struktur kayu yang dilahap oleh api. Kebakaran London juga melahirkan dua industri baru, asuransi properti modern dan pemadam kebakaran.

Kebakaran Besar New York
Kebakaran Besar 1835 terjadi di tengah-tengah epidemi kolera di New York City. Pada malam yang sangat dingin tanggal 16 Desember 1835, sebuah gudang di pusat kota terbakar. Angin kencang mengipasi api, meratakan lebih dari 17 blok kota dan membakar sebagian East River yang membeku.

Pasokan air kota sangat tidak mencukupi untuk memperlambat kerusakan. Populasi Kota New York telah tumbuh 60 persen dalam dekade terakhir berkat perdagangan yang kuat di sepanjang Kanal Erie, dan akses ke sanitasi yang layak serta air bersih masih kurang.

Dari abu itu terjadi inovasi, pembangunan Saluran Air Puring pada Mei 1837. Menghasilkan 12 juta galon sehari, yang memberi petugas pemadam kebakaran apa yang mereka butuhkan untuk memadamkan api dan mengirimkan sumber murni kepada pemilik rumah dan bisnis.

“Itu sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam kota melawan pandemi yang terus-menerus,” kata Dan Levy, penulis Manhattan Phoenix yang akan datang . “Ini merevolusi sistem air Amerika dan menjadi tempat pelatihan bagi seluruh generasi insinyur Amerika, yang kemudian menciptakan saluran air, rel kereta api, dan kanal.”

Kebakaran Besar Chicago
Kebakaran Besar Chicago berlangsung dari tanggal 8 Oktober-10 Oktober 1871. 300 orang tewas dan lebih dari 90.000 tunawisma. Sepertiga kota hancur. Karena Chicago berada di pusat jaringan telegraf nasional, yang baru-baru ini terhubung dengan Eropa, kebakaran hebat itu adalah peristiwa berita internasional pertama.

Kemudian yang terjadi setelah kebakaran itu mengubah Chicago dan menjadikannya pusat bisnis baru yang kuat. Lebih dari $10 juta telah disumbangkan ke komunitas. Hal ini segera dibarengi dengan investasi modal yang besar.

Karena posisi penting Chicago antara sumber daya alam di pedalaman Amerika dan selera konsumen untuk biji-bijian, daging, dan berbagai komoditas dan barang lainnya dari Timur dan Eropa, menjadikan pembangunan kembali sebagai prioritas tinggi dan investasi yang baik bagi investor. Alhasil, api menjadi penting bagi citra Chicago sebagai perwujudan kekuatan modernitas yang tak tertahankan di Amerika.

Kebakaran Reichstag
Arsonis membakar Reichstag, kursi parlemen Jerman, pada tanggal 27 Februari 1933. Adolf Hitler, seorang politisi yang baru saja diangkat menjadi Kanselir Reich sebulan sebelumnya, menyalahkan komunis karena menyalakan api.

“Kebakaran Reichstag sangat penting untuk konsolidasi kekuasaan Hitler,” kata Benjamin Hett, profesor dan penulis Burning the Reichstag. “Ini memberikan dalih untuk undang-undang darurat yang secara informal dikenal sebagai Dekrit Kebakaran Reichstag yang merobek konstitusi Weimar yang demokratis dan mengakhiri kebebasan berbicara dan berkumpul, privasi surat dan kebebasan dari penangkapan tanpa dakwaan,” tambahnya.

Sedikit kurang terkenal, tetapi yang terpenting, adalah bahwa Dekrit tersebut mengizinkan pemerintah Hitler Reich untuk mengambil alih pemerintahan negara bagian mana pun di Jerman yang tidak ‘menjaga ketertiban.’ Beberapa pemerintah negara bagian berada di tangan lawan yang gigih dari Nazi, jadi kekuatan ini sangat penting. Hingga hari ini, identitas pelaku pembakaran masih diperdebatkan.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker