Inidia Suku Asli Indonesia yang Bermata Biru

Abadikini.com, JAKARTA – Manusia bermata biru menjadi pemandangan langka bagi penduduk di Indonesia.

Baca Juga

Pasalnya sebagian besar penduduk Indonesia memiliki bola mata terlihat gelap dan berambut hitam.

Namun beberapa anggota suku Buton yang mendiami wilayah Pulau Sulawesi ternyata ada yang memiliki warna bola mata yang unik.

Hal ini diketahui karena kondisi langka yang dikenal sebagai Sindrom Waardenburg.

Mengutip dari TribunTravel via laman Odditycentral.com, Sabtu (3/10/2020), hanya sekitar satu dari 42 ribu orang saja yang mengalami Sindrom Waardenburg ini.

Sindrom Waardenburg ditandani dengan beberapa perbedaan ciri fisik, termasuk pigmentasi kulit dan warna bola mata biru cerah dan terlihat menyala.

Warga adat suku Buton yang bermata biru

Kondisi ini diketahui karena disebabkan oleh terjadinya mutasi pada beberapa gen yang mempengaruhi sel-sel kista saraf dalam perkembangan embrio.

Jika sekilas dilihat, orang yang mengalami sindrom ini terlihat mengesankan, memiliki mata biru menyala yang jarang ditemui.

Belum lama ini seorang ahli geologi sekaligus fotografer Korchnoi Pasaribu membagikan foto-foto anggota suku Buton di laman Instagramnya @geo.rock888

Pulau Buton yang berada di Pulau Sulawesi merupakan rumah bagi masyarakat adat Buton yang beberapa di antaranya mengalami Sindrom Waardenburg.

Mereka memiliki ciri mata berwarna biru menyala, bisa pada satu mata atau keduanya.

Di laman Instagram @geo.rock888, Korchnoi Pasaribu yang mengunjungi Pulau Buton mengambil beberapa foto penduduk asli pulau dan fokus pada mereka yang memiliki mata berwarna biru.

Hasil bidikan Korchnoi Pasaribu pun viral sejak ia mengunggahnya di Instagram.

Potret keunikan masyarakat adat suku Buton yang bermata biru bisa dilihat di laman Instagram @geo.rock888

Baca Juga

Back to top button