Trending Topik

Soal Partai Ummat Amien Rais, Sekjen PBB: Partai Baru Perlu Proses dan Lalui Semua Tahapan

Abadikini.com, JAKARTA – Partai Bulan Bintang (PBB) merespons positif atas kehadiran Partai Ummat dideklarasikan Amien Rais bersama para loyalisnya.

Sekjen PBB Afriansyah Noor (Ferry) mengaku tak mempersoalkan kehadiran partai baru Amien Rais, selama sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku.

“PBB tidak mempersoalkan mau banyak partai atau tidak. Yang penting semua sesuai prosedur dan aturan undang-undang. Semua partai baru perlu proses dan lalui semua tahapan-tahapan,” kata Ferry saat dikonfirmasi, Jumat (2/10)

Mengutip dari Kumparan, terkait sengan penggunaan nama ‘ummat’ yang dipilih Amien Rais, Ferry juga tak mempersalahkannya. Yang diperlukan adalah mental untuk bisa berkompetisi secara sehat dalam pagelaran politik di Indonesia.

“Enggak masalah partai mereka mau pakai nama ‘ummat’, ‘rakyat’ atau apa pun. Yang penting tahapan harus dilalui, dari dulu ’98 memang semua multipartai dan terseleksi alami. PBB tidak mempersoalkannya. Semua Partai harus siap berkompetisi secara sehat dan penyelenggara pun harus jujur dan adil,” ujarnya.

Lebih lanjut anak buah pakar hukum tata negara Prof Yusril Ihza Mahendra itu mengungkapkan, sikap PBB dalam RUU Pemilu akan meminta ambang batas nyapres dan masuk parlemen diturunkan jadi 0 persen.

“PBB meminta agar UU Pemilu nanti 0 persen presidential threshold dan 0 persen parliamentary threshold dan sistem tertutup,” tegas Ferry.

Diketahui, pada Kamis (1/10) kemarin, Amien Rais akhirnya resmi mendirikan partai baru yang diberi nama Partai Ummat. Padahal sebelumnya, santer dipublik Amien Rais akan memakai nama PAN Reformasi.

Kehadiran Partai Ummat itu masih menjadi benang merah dari konflik Amien dengan DPP PAN di bawah kepemimpinan Zulkifli Hasan.

Pasalnya, Amien Rais disebut-sebut tak merestui pencalonan mantunya Zulhas untuk periode kedua dan lebih memilih Mulfachri Harahap. Namun, akhirnya, Kongres PAN lebih memilih Zulkifli Hasan.

Baca Juga

Back to top button