Sebastiano Rossi Kiper Hebat AC Milan Yang Tak Pernah Masuk Skuad Timnas Italia

Abadikini.com, JAKARTA – Saat AC Milan menjadi skuad The Dream Team dengan bermaterikan pemain hebat pada tahun 1994 dan sekaligus menjuarai Liga Champions dibawah mistar ada sosok penjaga gawang yang hebat bernama Sebastiano Rossi.

Awal Karier

Mengutip dari wikipedia, Rossi bergabung dengan klub kampung halamannya, AC Cesena , pada 1979, pada usia 15. Pada 1982-83 , dengan status pinjaman, ia membuat debut seniornya bersama AC Forlì di Serie C1 , menjadi cadangan di musim yang berakhir degradasi.

Setelah dua pinjaman lagi, Rossi kembali ke Cesena untuk kampanye 1986-87 , hanya absen lima pertandingan saat klub Emilia-Romagna dipromosikan ke Serie A , dan mempertahankan status pilihan pertama dalam tiga musim divisi teratas berikutnya, dengan tim finis di urutan ke-12. pada 1989–90 ; Dia melakukan debutnya di kompetisi pada 13 September 1987, dalam pertandingan kandang melawan SSC Napoli.

Karier di Milan

Setelah musim pertamanya di kasta tertinggi Italia, Rossi diperhatikan oleh AC Milan , dan bergabung dengan Rossoneri (juga dijuluki Tim Impian ) yang mendominasi sepak bola Italia selama sebagian besar tahun 1990-an. Dalam kampanye debutnya ia mendukung Andrea Pazzagli , tetapi pemain veteran itu pergi ke Bologna FC 1909 pada musim panas berikutnya.

Rossi kemudian secara singkat berjuang untuk tugas awal dengan Francesco Antonioli , sebelum menjadi kiper pilihan pertama Milan yang tak terbantahkan, menjadi bagian dari garis pertahanan yang mencakup, antara lain, Mauro Tassotti , Franco Baresi , Alessandro Costacurta dan Paolo Maldini , yang dianggap sebagai salah satu yang terbaik.

Tidak Pernah Terpilih Sebagai Kiper Timnas Italia

Jika semua kiper lain gagal masuk timnas karena punya saingan yang sangat berat, lain halnya dengan Rossi

Ketika AC Milan mengguncang Eropa dan Dunia dengan julukan The Dream Team, dialah sosok yang selalu ada di bawah mistarnya.

Juga menjadi penjaga gawang dari pertahanan terbaik di dunia bahkan disebut yg terbaik yang pernah dimiliki Italia. Rossi juga tercatat sebagai kiper dengan clean sheet terlama di Serie-A dengan 929 menit, jelas bukan prestasi sembarangan.

Namun ironisnya, hal tersebut lah yg membuatnya tidak pernah dipanggil ke timnas Italia sama sekali. Rossi dianggap “beruntung” karena didepannya selalu ada tembok besar kuat nan kokoh bermaterikan Paolo Maldini, Franco Baresi, Alessandro Costacurta & Mauro Tassotti.

Keberhasilan pertahanan AC Milan saat itu bukan tertelak dari kipernya tapi dari barisan pertahannya sehingga Arrigo Sacchi, pelatih yg merekrutnya ke AC Milan, justru tidak pernah memanggilnya untuk berseragam Gli Azzurri semasa Ia melatih. Bagaimana menurutmu guys??

Baca Juga

Back to top button