Trending Topik

Penjelasan Polisi Soal Ustadz Abdul Somad Dijaga Ketat Tentara saat Ceramah di Lampung

Abadikini.com, JAKARTA – Viral Foto di sosial media Ustadz Abdul Somad (UAS) dijaga ketat anggota TNI didepan mimbar saat sang ustadz sampaikan ceramah di salah satu masjid di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Sabtu (26/9/2020).

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengatakan penjagaan oleh TNI dilakukan karena kebetulan kegiatan bersama dengan adanya undangan pengajian dari salah satu anggota TNI.

“Jadi sekalian jalan, itu sebenarnya ada undangan dari TNI AL yaitu di daerah Pesawaran. Jadi sekalian jalan mereka bersinergi membantu Polri,” kata Kombes Arsyad saat dihubungi, Sabtu (26/9/2020).

Mengutip dari Detikcom, Arsyad menjelaskan bahawa kegiatan dakwah UAS telah berlangsung sejak Jumat, (25/9/2020) sore kemarin. Dikatakan Arsyad menyampaikan, ada 5 lokasi objek di Lampung yang akan didatangi UAS untuk berceramah.

“Kegiatan dakwah dari UAS yang berlangsung kemarin sore sampai hari ini kebetulan di wilayah hukum Polresta Bandar Lampung ada 5 objek. Kegiatan semuanya itu pertama peranan TNI di sini kan karena kita masuk di satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Makanya nampak ada unsur TNI karena kita juga menerapkan Inpres Nomor 6 Tahun 2020,” katanya.

Dia menuturkan, penjagaan itu juga merupakan sebuah bentuk upaya perlindungan dari TNI-Polri kepada para penceramah setelah sebelumnya ulama Syekh Ali Jaber ditusuk orang tak dikenal.

Selain itu, terang Arsyad, penjagaan juga sejalan dengan maklumat Kapolri Nomor 3 Tahun 2020 untuk mendisiplinkan dan mencegah terjadinya kerumunan pada setiap kegiatan.

“Sekaligus penjagaan pendakwah setelah peristiwa penusukan Syekh Ali Jaber. Dulu kan juga gitu waktu Syekh Ali Jaber kan juga gitu (dijaga). Jadi peranan dari Gugus Tugas juga berperan di situ, untuk jangan sampai orang berkumpul. Kita menerapkan apa yang menjadi Maklumat Kapolri. Jadi unsur TNI dan Polri setiap ada keramaian masyarakat itu harus ada upaya pendisiplinan,” tuturnya.

Arsyad menambahkan, Polda Lampung sendiri mempersiapkan 150 personelnya untuk disebar di setiap kegiatan. Dia menyampaikan, penjagaan dilakukan untuk semua kegiatan keagamaan termasuk kegiatan Pilkada yang berlangsung di wilayah Bandar Lampung.

“Semua kegiatan (dijaga) komitmen bersama, semua kegiatan keagamaan siapapun juga yang ada di sini merupakan tanggung jawab wilayah untuk melakukan pengamanan. Itu sebenarnya ada undangan dari TNI AL yaitu di daerah pesawaran. Jadi sekalian jalan mereka bersinergi membantu Polri ada undangan juga dari institusi TNI,” jelas dia.

“Alhamdulilah aman-aman saja sampai saat ini. Polresta Bandar Lampung sudah mengerahkan artinya setiap kegiatan terutama sabtu minggu lebih dari 150 personel nanti disebar di situ. Apa lagi sekarang dalam rangka udah mulai kampanye Pilkada,” pungkas Arsyad.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button