Trending Topik

Kasus Covid-19 Makin Mengkhawatirkan, Ini Perintah Tegas Menko Luhut ke Menkes Terawan

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memiliki permintaan khusus kepada Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam penanganan wabah virus corona (Covid-19).

Dalam sosialisasi protokol standar terapi penanganan Covid 19, Luhut meminta Terawan melakukan sosialisasi protokol standar terapi penanganan Covid 19 ke seluruh rumah sakit di 8 provinsi utama.

“Saya minta mulai minggu depan Kemenkes segera menyosialisasikan protokol terapi ini ke semua RS rujukan di 8 provinsi plus Aceh karena kenaikan kasusnya mulai mengkhawatirkan,” kata Luhut dalam rapat koordinasi virtual pengendalian Covid-19 di delapan provinsi secara virtual, Senin, seperti dikutip dari keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Wakil Ketua Komite Kebijakan Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional ini juga menegaskan kepada Terawan agar seusai disosialisasikan protokol standar terapi penanganan Covid 19 kemudian langsung melakukan pendampingan implementasi, termasuk memberikan pelatihan bagi dokter dan tenaga kesehatan lalu memonitor pelaksanaannya.

Selain itu, Luhut juga meminta agar Terawan memastikan ketersediaan obat dan alat terapi yang disebutkan dalam panduan tersebut.

“Tim gugus tugas yang dibentuk oleh Kemenkes harus segera turun , saya minta Kamis (24/9), Kemenkes melaporkan hal ini kepada saya,” tegasnya.

Agar penanganan pasien Covid 19 dapat lebih baik, dia pun meminta rumah sakit Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di daerah-daerah juga membantu RS-RS rujukan untuk mengimplementasikan protokol terapi pasien Covid 19.

“Saya minta bidang kesehatan dan Kesdam [Kesehatan Daerah Militer] masing-masing Polda dan Kodam untuk membantu monitoring implementasi protokol terapi penanganan pasien Covid 19,” katanya kepada perwakilan Polda dan Kodam dari 8 provinsi yang hadir pada rakor tersebut.

Baca Juga

Back to top button