LBP Ikut Tangani Covid-19, Pengamat: Semakin Kacau Saja Manajemen Penanganan Covid-19

Abadikini.com, JAKARTA- Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak perlu melibatkan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam penanganan Covid-19 di sejumlah provinsi prioritas.

“Gak perlu Beliau (Luhut dilibatkan), fokus saja di kementeriannya. Sudah ada Gugus Tugas, tim pengendalian Covid dan juga pemda se-Indonesia,” kata Jerry seperti dikutip dari laman sindonews, Rabu (16/9/2020).

Apalagi, menurut Jerry, apa yang akan diurus Luhut nantinya sudah dikerjakan orang lain. Di situ, ia menyebutkan ada Erick Thohir. Menurutnya, Presiden mau memberikan tupoksi ke Luhut untuk kendalikan Covid-19 di sektor mana lagi.

“Semakin kacau saja manajemen penanganan Covid-19. Tak perlu Luhut dilibatkan kenapa bukan Wapres (Wakil Presiden) yang dilibatkan lewat saran dan masukan,” ujarnya.

Menurut Jerry, jika Jokowi ingin menambah ‘amunisi’ lebih baik dihadirkan pakar yang ahli di bidang penanganan pandemi. Di sisi lain, yang terpenting sekarang bagaimana memberikan kesempatan kepada daerah melakukan strategi penanganan Covid-19 tanpa mengintervensi berlebihan.

“Kalau kebijakan itu baik kenapa harus diutak-atik? Agar tidak ruwet dan rumit Jokowi memberikan kesempatan bagi setiap kepala daerah untuk mengatasi pandemi ini. Mending panggil pakar UI Pandu Riono atau Amien Soebandrio pakar soal pandemi,” pungkas dia.

Sumber Berita
Sindonews

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker