Trending Topik

Ketua Banggar DPR Sebut Gegara Pernyataan Dramatis Anies Baswedan Soal PSBB Rp 300 T Saham Rontok

Abadikini.com, JAKARTA – Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Said Abdullah menyesalkan pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) total pada tanggal 14 September 2002 mendatang secara bombastis disertai dengan dramatis sehingga membuat rontok Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Akibatnya kata dia, sekitar kurang lebih Rp 300 triliun saham-saham di IHSG bergguran sia-sia.

“Kejadian kemarin sangat disesalkan atas pernyataan yang begitu bombastis, dramatis oleh Gubernur DKI Bapak Anies Baswedan sehingga menimbulkan hal yang tidak perlu dan membakar ludes Rp 300 triliun saham-saham kita berguguran,” kata Said saat membuka rapat kerja Banggar dengan pemerintah, Jakarta, Jumat (11/9/2020).

Dengan perbuatan Anies Baswedan tersebut, Said menilai akan memberikan dampak yang luas. IHSG pada perdagangan Kamis (10/9) ambles 5,01% ke level 4.891,46 setelah sebelumnya perdagangan sempat dihentikan oleh bursa karena turun lebih dari 5%.

Berdasarkan data perdagangan mencatat, investor asing melakukan aksi jual bersih sebanyak Rp 668 miliar di pasar reguler dengan nilai transaksi menyentuh Rp 10,2 triliun.

Melihat kondisi tersebut, Said meminta Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menjaga serta mengawasi sektor keuangan nasional dari hal-hal yang tidak pasti.

“Kalau korporasi hancur, maka ritel akan hancur, inilah tantangan berat baik OJK dan BI,” ujar Said seperti dikutip dari detik

Untuk itu, Said meminta kepada BI untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing. Menurut dia, rupiah masih terjadi depresiasi secara konstan.

“Kami yakin terhadap berbagai upaya yang dilakukan dan ditempuh oleh gubernur BI, dan kami berharap gubernur BI juga menjaga stabilitas sektor keuangan karena kita khawatir upaya-upaya yang dilakukan Gubernur BI akan menjadi sia-sia bagi kita semua kalau tidak ada di antara kita koordinasi baik di semua lini,” ungkapnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker