Trending Topik

Kerajaan Saudi Tangkap Ulama, FPI Khawatirkan Nasib Habib Rizieq

Abadikini.com, JAKARTA – Otoritas Kerajaan Arab Saudi belum lama ini menangkap salah satu  ulama terkenal di kalangan muslim, Sheikh Abdullah Basfar. Atas kejadian penangkapan ulama tersebut Front Pembela Islam (FPI) pun kini mulai mengkhawatirkan kondisi ulama dan Imam besar mereka Habib Rizieq Shihab di Arab Saudi.

Slamet Maarif, selaku Juru Bicara FPI, meminta warga FPI ukususnya untuk mendoakan keselamatan Habib Rizieq. Ia juga berharap hubungan Habib Rizieq dengan kerajaan Arab Saudi tetap baik.

“Doakan beliau sehat sehat saja dan tetap baik hubungannya dengan kerajaan Saudi Arabia,” kata Slamet lewat pesan singkat, Selasa (8/9/2020).

Slamet mengaku bahwa pihaknya secara terus menerus memantau aksi otoritas Arab Saudi dalam melakukan penangkapan kepada ulama. “Ya kita memantau aja,” tutur Slamet seperti dikutip dari detik.

Isu yang berkembang di masyarakat Saudi, penangkapan ulama ini dikaitkan dengan kritik terhadap sang putra mahkota Mohammed bin Salman (MBS).

Sejak 2017, ketika putra mahkota mengambil alih kekuasaan, dia telah menindak ulama, jurnalis, akademisi, dan aktivis dunia maya atas pandangan kritis mereka tentang cara dia memerintah negara dan rencananya untuk mengubah Arab Saudi menjadi sekuler.

Selain itu, Pangeran MBS juga sedang gencar menggelorakan kampanye anti korupsi. Terbaru, ada dua anggota kerajaan yang dipecat karena dugaan korupsi. Mereka adalah Pangeran Fahd bin Turki Abdulaziz Al Saud, komandan angkatan bersenjata koalisi militer pimpinan Arab Saudi yang bertempur di Yaman.

Namun, kritik yang muncul justru menyebut ini sebagai upaya Pangeran MBS menyelamatkan takhta kerajaan.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker