Pantai Batu Lubang, Surga Tersembunyi di Ujung Selatan Pulau Alor

Abadikini.com, ALOR – Keindahan alam di Timur Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Beberapa di antaranya bahkan sudah masuk dalam jajaran top destinasi dunia. Sebut saja Labuan Bajo hingga Raja Ampat.

Tak hanya itu, masih banyak tempat-tempat cantik yang belum diketahui banyak wisatawan. Salah satunya adalah Pulau Alor di Nusa Tenggara Timur.

Pulau Alor memiliki garis pantai sepanjang 287 kilometer, dengan suguhan panorama hamparan laut yang begitu memikat. Salah satu pantai yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Pantai Batu Lubang.

Pantai ini menjadi titik 0 kilometer Pulau Alor dan berhadapan langsung dengan Timor Leste. Sesuai dengan namanya, daya tarik pantai ini terletak pada gua raksasa berlubang yang berada di pesisir pantai.

Gua itu terbentuk karena proses alamiah abrasi berupa pengikisan di bibir pantai oleh pukulan gelombang laut secara terus menerus. Gua inilah yang menjadi salah satu spot favorit wisatawan saat berkunjung ke Pantai Batu Lubang.

Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan air laut berwarna kehijauan dengan panorama lembah dan perbukitan batu karang sepanjang lebih dari 1 kilometer. Berkat suguhan panorama inilah banyak orang yang menjuluki Pantai Batu Lubang dengan sebutan ‘Surga Tersembunyi di Ujung Selatan Pulau Alor’.

Ada dua pilihan untuk menikmati suguhan pemandangan yang spektakuler ini. Mulai dari bibir pantai atau dari atas perbukitan batu karang. Tinggal disesuaikan dengan minat dan suasana hati.

Meski menawarkan panorama yang eksotis, namun Pantai Batu Lubang masih belum terjamah wisatawa karena jaraknya cukup jauh dari pusat Ibukota Kalabahi. Lokasinya berada di Desa Elok, Keluruhan Maritaing, Kecamatan Alor Timur.

Untuk menuju tempat ini, wisatawan setidaknya membutuhkan waktu sekira 4 jam perjalanan darat menuju Maritaing, lalu meneruskan perjalanan dengan medan berat.

Lokasi ini sementara baru bisa dijangkau dengan kendaraan off-road berpenggerak empat roda. Perjalanan jauh yang ditempuh sepadan dengan keindahan yang terhampar.

Baca Juga

Back to top button