Jadi Negara Termiskin di Dunia, Rakyat Timor Leste Inginkan Bergabung Lagi ke Indonesia

Abadikini.com, DILI – Keputusan referendum yang dimotori Australia dan Portugal, tepat tanggal 30 Agustus 1999 Timor Leste resmi berpisah dari Indonesia.

Kini sudah 21 tahun, Timor Leste berdiri sendiri sebagai negara merdeka. Namun kondisi ekonomi negara itu tidak membaik setelah itu, Timor Leste malah terpuruk menjadi bagian negara termiskin di dunia.

Meski telah menjadi provinsi ke-27 di Indonesia kala itu, gejolak yang terjadi selama 25 tahun di kawasan tersebut membuat mereka ingin menjadi negara merdeka.

Referendum pun dilaksanakan dengan dukungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang akhirnya mengakhiri konflik berdarah di sana.

Ironisnya, saat ini banyak warga negara Timor Leste yang memilih untuk kembali bergabung dengan Indonesia bila diberi kesempatan kedua.

Hal tersebut cukup menggemparkan banyak pihak lantaran getolnya warga Timor Leste pada akhir abad ke-20 lalu yang menginginkan kemerdekaannya sendiri.

Namun, ternyata fakta yang diungkap oleh Bank Dunia ini menjadi bukti kuat alasan banyak warga Timor Leste ingin kembali ke pelukan Ibu Pertiwi.

Melansir dari laporan United National Development Programme (UNDP), Timor Leste berada di peringkat 152 negara sebagai negara termiskin di dunia dari 162 negara.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker