WHO: Tak Ada Negara yang Dapat Berpura-pura bahwa Pandemi Telah Berakhir

Abadikini.com – Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan negara-negara yang saat ini sedang menghadapi penyebaran virus corona yang tinggi harus mencegah penyelenggaraan acara-acara besar. Mencabut pembatasan tanpa mengendalikan penyebaran virus akan menjadi ‘resep bencana’.

Seperti dilansir Reuters, Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, yang berbicara Senin (1/9) di Jenewa mengakui bahwa banyak masyarakat yang merasa lelah dengan pembatasan sosial dan ingin kembali ke kehidupan normal setelah delapan bulan pandemi.

“WHO mendukung penuh upaya untuk membuka kembali perekonomian dan kehidupan sosial,” katanya.

“Kami ingin melihat anak-anak kembali ke sekolah dan masyarakat kembali ke tempat kerja, namun kami ingin melihat itu dilakukan secara aman,” imbuh Tedros.

“Tak ada negara yang dapat berpura-pura bahwa pandemi berakhir. Kenyataannya adalah virus menyebar dengan mudah. Membuka diri tanpa pengendalian menjadi sebuah resep bencana,” tegasnya.

Penyebaran yang tinggi, lanjut Tedros, dikaitkan dengan pertemuan orang-orang di stadion, kelab malam, tempat ibadah dan kerumunan lainnya, di mana virus pernapasan dengan mudahnya mampu menyebar di kalangan sekelompok orang.

“Keputusan tentang bagaimana dan kapan mengizinkan pertemuan masyarakat harus dilakukan dengan prosedur berbasis risiko, dalam konteks lokal,” pungkasnya.

Baca Juga

Back to top button