Trending Topik

Luar Biasa, Atraksi Penjemputan Paslon Bupati Wakatobi Haliana-Ilmiati Ala Suku Bajo Sama Bahari

Abadikini.com, WANGIWANGI – Jelang pendaftaran Calon Bupati-Cawabup Kabupaten Wakatobi 4-6 September 2020 mendatang, pasangan H. Haliana-Ilmiati Daud mulai intens menemui basis-basis pendukungnya yang menetap di Pulau-pulau salah satunya pulau Kaledupa.

Pasangan berakronim HATI ini menghadiri silaturahmi bersama masyarakat suku Bajo yang menjadi basis Ilmiati Daud. Dalam kunjungannya, pasangan HATI dijemput dengan atraksi ratusan perahu motor dan ribuan warga pulau yang dikenal dengan Barata Kahedupa tersebut.

Sebelum tiba di pelabuhan Ambeua, Kecamatan Kaledupa, pasangan HATI dijemput masyarakat suku Bajo Sama Bahari, menggunakan rakit. Kemudian diarak ratusan katinting (kapal rakyat) menuju pelabuhan diiringi genderang silat Kaledupa.

Ratusan perahu berisi ribuan masyarakat Kaledupa diatasnya mengiringi kapal yang ditumpangi pasangan calon (Paslon) Bupati Wakatobi, Haliana-Ilmiati (HATI). Mereka meminta agar Paslon Hati menaiki perahu rakit mereka untuk diantar sampai ke pelabuhan Ambeua pada, Sabtu (29/8/2020) lalu.

Ratusan perahu milik masyarakat tersebut juga dipasangi atribut partai pengusung, diantaranya partai Demokrasi Indonesia Pejuangan (PDI-P, dan Partai Bulan Bintang (PBB). Bahkan atribut bendera tersebut juga terlihat berkibar melayang diatas udara karena diikatkan bersama layang-layang dan seluruh perahu yang mengiringi perjalanan paslon HATI tersebut.

Liaison Officer (LO) paslon HATI, L Suriadin mengatakan, penyambutan masyarakat suku Bajo Sama Bahari ini amat sangat meriah dan diluar dari dugaan paslon HATI.

“Menurut saya, ini sungguh meriah ditengah laut apalagi ditunjang dengan perahu-perahu diatas dua ratusan ditambah dengan rakit itu. Disitulah ibu Ilmiati dan pak Haliana diantar ke pelabuhan,” kata Suriadin melalui keterangannya yang diterima, Senin (31/8).

Luar Biasa, Atraksi Penjemputan Paslon Bupati Wakatobi Haliana-Ilmiati Ala Suku Bajo Sama Bahari

Lanjut Suriadin, Ribuan masyarakat yang sudah siap menyambut kedatangan paslon Haliana-Ilmiati telah menunggu di Pelabuhan Ambeua Kecamatan Kaledupa.

“Animo masyarakat sungguh luar biasa yang sengaja datang untuk menyambut kedatangan mereka,” tegasnya.

Untuk diketahui, masyarakat juga mayoritas menggunakan pakaian berwarna merah. Selanjutnya, Haliana-Ilmiati bersama ribuan masyarakat berjalan kaki dari pelabuhan menuju posko utama pemenangan paslon HATI yang berlokasi di Ambeua.

“Sebelum jalan, mereka diterima oleh masyarakat di pelabuhan secara resmi. Mulai dari acara pengalungan bunga sampai dengan tarian-tarian adat sebagai bentuk penghormatan dan kerinduan terhadap sosok Haliana-Ilmiati yang sekian lama ditunggu-tunggu kehadirannya,” ucap Suriadin.

Kemudian dia menuturkan, sejenak bersilahturahmi dan berdialog beberapa saat di Posko utama, Paslon HATI dan ribuan masyarakat kembali melanjutkan silahturahmi ke Kecamatan Kaledupa Selatan, tepatnya di pantai Desa Peropa.

“Ternyata disinipun tak kalah meriahnya, ribuan masyarakat juga telah berkumpul menunggu kedatangan paslon HATI. Dari pagi sampai sore,” ungkapnya.

Untuk diketahui, H. Haliana yang merupakan kader PDIP Waktaobi dengan jabatan terakhir ketua DPC ini berpasangan dengan Ilmiati Daud yang juga ketua DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Wakatobi. Paslon HATI ini sudah resmi nendapatkan dukungan 9 kursi parlemen melebihi ambang batas syarat pencalonan yang diusung PDIP, PBB dan Nasdem.

Baca Juga

Back to top button