Trending Topik

Gubernur Anies Klaim Jumlah Pasien Aktif Covid-19 di DKI Terus Menurun Berbeda dengan Data Situs Corona Jakarta, Kok Bisa?

Abadikini.com, JAKARTA – Dalam webinar yang bertema ‘Tantangan Perubahan Prilaku Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru’ Senin (31/8/2020), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim jumlah kasus Covid-19 di DKI terus menurun.

Mantan Mendikbud itu juga mengklaim jumlah pasien yang meninggal terpapar Covid-19 di DKI juga menurun sejauh ini.

Menurut Anies jumlah kasus aktif Covid-19 dinilai terus menurun dengan upaya-upaya yang dilakukan, yaitu tingkat testing Covid-19 yang membuat identifikasi warga yang terpapar Covid-19 bisa lebih cepat.

“Jadi, ini menggambarkan bahwa aktivitas testing masif yang kita lakukan membuat kita bisa mendeteksi kasus secara dini, sehingga mereka yang memiliki komorbid, penyakit bawaan atau mereka yang punya risiko fatal karena usia, mereka bisa dilakukan isolasi diri, bisa dirawat bila memerlukan perawatan sehingga tidak terlambat dalam penanganan,” kata Anies.

Sementara itu, jumlah kematian juga dinilai bisa terus ditekan dengan upaya identifikasi ini sedini mungkin. Angka kematian karena Covid-19 di Jakarta saat ini mencapai 3%. Angka ini di bawah rata-rata tingkat kematian global sebesar 4,3% dan juga di bawah angka kematian rata-rata tingkat nasional sebesar 3,4%.

Jumlah Pasien Yang Dirawat dan Diisolasi di DKI Jakarta Berdasarkan Sumber dari corona.jakarta.go.id

Mengutip dari Mediaindonesia, jumlah pasien yang dirawat serta diisolasi di Jakarta relatif dinamis dan tidak cenderung turun. Hal ini didasarkan pada data Covid-19 yang dilihat pada situs corona.jakarta.go.id. Pada 28 Agustus total kasus aktif Covid-19 di Jakarta mencapai 6.995 orang atau turun 72 orang dibandingkan hari sebelumnya. Namun, dari jumlah itu ada penambahan 299 pasien yang dirawat di fasilitas kesehatan (faskes) dan ada 371 orang yang sembuh dari isolasi mandiri.

Pada hari selanjutnya, yakni 29 Agustus, jumlah total kasus aktif Covid-19 sebanyak 7.226 orang atau naik sebesar 231 orang. Lalu pada 30 Agustus jumlah kasus aktif kembali naik sebesar 734 orang menjadi 7.960 orang. Dari angka itu, jumlah orang yang dirawat naik sebesar 203 orang menjadi 3.015 orang.

Selain itu, jumlah pasien yang diisolasi mandiri juga mengalami kenaikan sebesar 531 orang menjadi total 4.945 orang. Di sisi lain, kemarin jumlah kasus baru Covid-19 mencapai 1.114 orang. Jumlah akumulasi pasien konfirmasi Covid-19 di Jakarta telah mencapai 39.280 orang.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker