Prajurit TNI Gelar Latihan East Angel ll-20 di Libanon Selatan

Abadikini.com, LIBANON SELATAN – Prajurit TNI yang trgabung dalam satuan tugas (satgas) Batalyon (Yon) Mekanis TNI Kontingen Garuda (Konga) XXIII-N/United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL) menggelar  latihan East Angel ll-20 yang diselenggarakan oleh Sector East UNIFIL, di Libanon Selatan, Senin (24/08/2020).

Dalam kesempatan tersebut Dansatgas TNI Konga XXIII-N/UNIFIL Letkol Inf Prasetyo Ari Wibowo menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menguji sekaligus melatih kesiapan pasukan dalam menghadapi berbagai dinamika operasi.

Lebih lanjut Dansatgas TNI Konga XXIII-N/UNIFIL menyampaikan bahwa pada latihan tersebut diperanggapkan patroli Indobatt mengalami kecelakaan sehingga mengakibatkan adanya personel yang mengalami luka ringan dan luka berat sehingga harus dilakukan evakuasi oleh tim medis dari Husada Hospital Level 1 Indobatt serta menerjunkan Tim Battalion Mobile Reserve (BMR) dari Kompi Delta.

“Latihan East Angel ll-20 juga melibatkan Tim Reaksi Cepat atau Quick Reaction Team (QRT) dari jajaran Sector East, Polisi Militer SEMPU (Sector East Military Police Unit) yang berada di bawah komandonya untuk melakukan olah TKP dan investigasi demi kelancaran kegiatan agar sesuai dengan keadaan di lapangan,” ujar Letkol Wibowo lewat keterangannya, Kamis (28/8).

Dia menjelaskan, selama latihan, seluruh personel menunjukkan profesionalitas dan totalitas dalam pelaksanaan kegiatan di wilayah atau Area of Responsibility (AOR) Indobatt sehingga para prajurit semakin profesional dalam melaksanakan tugas sebagai pasukan PBB  sekaligus untuk menguji kesiapan dalam melakukan kecepatan bergerak mereka untuk mendukung tugas pokok Kosektor Timur UNIFIL.

‘Latihan ditutup dengan evaluasi atau After Action Review (AAR) yang dipimpin oleh Lt Col Abishek Karki yang bertugas sebagai Chief Officer G5 Sector East UNIFIL bidang pelatihan.” pungkasnya.

Baca Juga

Back to top button