Kasum TNI Mengikuti Konferensi Indo-Pacific Chiefs of Defense 2020 Secara Virtual

Abadikini.com, YOGYAKARTA – Kasum TNI Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto mengikuti kegiatan hari pertama Indo-Pacific Chiefs of Defense (CHOD) Conference 2020 secara virtual.

Konferensi yang diselenggarakan setiap tahun oleh US Indo-Pacific Command (USINDOPACOM) mempertemukan para pemimpin militer negara-negara kawasan Indo-Pasifik yang pada Tahun 2020 bertemakan “Advancing a Free and Open Indo-Pacific”, diikuti Kepala Staf Umum TNI, Joni Supriyanto dari Ruang Operasi Lanud Adi Sutjipto, Yogyakarta, Selasa (25/8/2020).

Pada tahun ini, CHOD Conference diikuti oleh 29 negara, antara lain Amerika Serikat, Australia, Bangladesh, Brunei Darussalam, RRC, Fiji, Filipina, French, Polynesia, India, Indonesia, Inggris, Jepang, Kamboja, Kanada, Kolombia, Korea Selatan, Maldives, Malaysia, Meksiko, Mongolia, Nepal, Papua New Guinea, Perancis, Peru, Singapura, Selandia Baru, Thailand, Tonga, Timor Leste dan Vietnam.

CHOD Conference 2020 dibuka oleh Komandan USINDOPACOM Admiral Philip S. Davidson dan Perdana Menteri Fiji, Mr. Frank Bainimarama yang mewakili negara Fiji sebagai co-host. Pada kesempatan itu Admiral Philip S. Davidson menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi negara-negara kawasan Indo-Pasifik dan sekaligus ucapan permohonan maaf dikarenakan pelaksanaan konferensi diubah menjadi virtual akibat situasi pandemi Covid-19.

Pada pelaksanaan hari pertama ini membahas dua topik utama yaitu National Security Implications of Covid-19 and Health-Related Transnational oleh U.S Surgeon General, VADM J. Adams serta National Security Implications of 5G Mobile Technology oleh Mr. Christiano Amon (CEO Qualcomm).

Dalam pembahasan topik pertama, VADM J. Adams menyampaikan situasi pandemi Covid-19 di Amerika Serikat. Pemerintah Amerika telah melakukan berbagai upaya penanganan serta berkeinginan untuk bekerja sama secara multilateral dengan negara-negara lain di dunia dalam mengatasi pandemi Covid-19 dan berbagai permasalahan bersama lainnya.

Sementara itu, pada topik kedua Mr. Christiano Amon menjelaskan tentang konsep 5G dan perkembangannya yang menjanjikan skala konektivitas super cepat dan kapasitas transfer data besar serta aplikasinya pada Industri masa depan, smart city, artificial intelligence serta berbagai layanan pemerintah dan masyarakat.

Konferensi virtual pada hari ini berlangsung lancar dan akan dilanjutkan dengan kegiatan hari kedua yang akan menghadirkan beberapa pembicara kunci dari AS dan Kanada.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button