Tahukah Anda, Band Tertua asal Indonesia Ini Pernah Menginspirasi The Beatles Hingga The Rolling Stones dalam Bermusik

Abadikini.com, JAKARTA – The Tielman Brothers adalah sebuah grup band beraliran musik rock and roll asal Indonesia yang disebut juga pertama berhasil masuk internasional pada 1950-an.

The Tielman Brothers sendiri, terbentuk dari 4 anak muda yang berasal dari daerah Maluku. Mereka terdiri Andy Tielman (gitar, vokal), Reggy Tielman (rhytm gitar, vokal), Phonton Tielman (double bass, vokal) serta Loulou Tielman (drum, vokal). Dan akhirnya Jane (Janette Loraine) Tielman – vokal Fauzi (Firdaus Fauzi) Tielman – organ ikut bergabung.

Karir The Tielman Brothers sendiri bermula ketika mereka mulai tampil bersama dengan membawakan lagu dan juga tarian daerah di Surabaya tahun 1945.

Awal The Tielman Brothers Bermusik

Mengutip dari Wikipedia, Berawal dari ketertarikan Ponthon untuk memainkan contrabass yang diikuti saudara-saudaranya yang lain. Reggy mempelajari banjo, Loulou mempelajari drum, dan Andy mempelajari gitar.

Penampilan pertama mereka pada acara pesta di rumahnya membuat teman-teman ayahnya kagum dengan membawakan lagu-lagu sulit seperti Tiger Rag dan 12th Street Rag. Sejak saat itu mereka sering tampil di acara-acara pribadi di Surabaya.

Sampai pada akhirnya tahun 1957 mereka sekeluarga memutuskan untuk hijrah ke Belanda dan disana mereka disebut sebagai pelopor musik rock and roll hingga dikenal sampai Eropa.

Menginspirasi The Beatles dan The Rolling Stones dalam Bermusik

Pada saat mereka manggung di Eropa mengusung musik rock and roll ciri khasnya, band sekelas The Beatles hingga The Rolling Stones pada saat itu masih belum tenar sempat terpesona melihat penampilan anak-anak asal Indonesia ini.

Dan bahkan jauh sebelum The Beatles muncul, The Tielman Brothers telah membawakan lagu-lagu berjenis musik rock and roll.

Saat The Beatles pertama kali manggung di Jerman, mereka sempat melihat penampilan The Tielman Brothers yang perform menggunakan Hofner Violin Bass.

Dari situ Paul McCartney pertama kali melihat bass Violin Hofner.

Akhirnya, Paul McCartney yang terinspirasi dari gaya permainan The Tielsman Brothers membentuk The Beatles yang gaya manggungnya mirip The Tielman Brothers.

Tahun 1958, The Tielman Brothers memiliki tiga buah album yang menjadi hits di seluruh dunia, dan mereka pun memiliki Gibson Les Paul keluaran pertama yang baru di impor ke Belanda.

Sayangnya, pada tahun 1976 mereka dikabarkan bubar, namun nama The Tielman Brothers masih bisa hidup di hati para penggemarnya sampai saat ini.

The Tielman Brothers menjadi band pertama yang bisa dikatakan Indo-Rock karena mereka adalah pelopor lahirnya musik Rock N’ Roll Indonesia pada tahun 1950-an.

Jadi kita harus bangga guys pada saat band The Beatles hingga The Rolling Stones belum tenar mereka sempat menyaksikan The Tielman Brothers manggung dengan musik rock and rollnya hingga mereka benar-benar terinspirasi gaya aliran bermusiknya.

Berikut aksi mereka saat manggung.

 

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker