Amalan Mengusir Jin dalam Tubuh dan Rumah Kita

Abadikini.com – Setiap manusia pasti mengalami gangguan mahluk halus seperti jin. Nah khsus untuk muslim dan muslimat metode untuk mengusir jin jahat dari dalam tubuh kita maupun di dalam rumah, kita perlu amalan-amalan. Gunakan amalan yang ada dalam Al Quran dan sesuai dengan ajaran Rasulullah Muhammad SAW.

Setiap kita, selama masih hidup di dunia pasti punya keinginan untuk selamat dalam kehidupan di dunia dan akhirat. Juga bebas dari berbagai petaka lainnya. Salah satu hal yang tak kasat mata tapi bisa menganggu kehidupan adalah gangguan jin.

Keberadaan jin dan gangguannya banyak disebutkan dalam ayat-ayat Al Quran, juga hadist-hadist yang disampaikan oleh Rasulullah Muhammad SAW.

Banyak doa dan amalan yang bisa kita baca berulang-ulang agar diri kita, rumah yang kita huni dan hidup yang kita jalani terbebas dari gangguan mahluk halus tersebut. Beberapa amalan yang bisa di baca untuk mengusir jin dari dalam tubuh dan dari dalam rumah adalah ayat-ayat Al Quran.

Berikut beberapa ayat Al Quran yang bisa digunakan untuk mengusir gangguan jin:

رَبَّ أَنِّي مَسَّنِيَ الشَّيْطَانُ بِنُصْبٍ وَعَذَابٍ

1.Rabbi Annii Massaniya as-Syaithoonu binushbin Wa Adzabin (Shaad:41)

Artinya: “Sesungguhnya, aku diganggu setan dengan penuh ketidaknyamanan dan penderitaan”

رَّبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَن يَحْضُرُونِ

2. Rabbi A’udzu bika min Hamazaatis-Syayaathiini Wa A’udzu bika Rabbi an Yakhdluruini. (Surat Al-Mu’minuun ayat 97-98)

Artinya: Ya Tuhanku, aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan-setan, Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku

وَحِفْظاً مِّن كُلِّ شَيْطَانٍ مَّارِدٍ

3. Wa khifzhon min kulli Syaithoonin Maarid. (Surat Shaffaat ayat 7).

Artinya: dan telah memeliharanya (sebenar-benarnya) dari setiap setan yang paling durhaka.

Ketiga ayat diatas dibaca dalam satu kesatuan doa, secara berurutan. Dibaca secara rutin hingga gangguan jin yang kita rasakan perlahan menghilang.

Selain ketiga ayat di atas, ada doa yang paling sederhana yang bisa dibaca secara rutin, yaitu membaca basmalah setiap menjelang tidur.

Dikutip dari NU online, menurut Syekh Nawawi dalam salah satu kitabnya, amalan dari Syekh Ahmad al-Shawi agar seseorang terhindar dari berbagai gangguan jin adalah membaca basmalah sebanyak 21 kali menjelang tidur: بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ (Bismillâhirrahmânirrahîm)

Artinya: “Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.”

Lalu diakhiri dengan bacaan sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَحْفِظُكَ وَنَسْتَوْدِعُكَ دِيْنَنَا وَأَنْفُسَنَا وَأَهْلَنَا وَأَوْلَادَنَا وَأَمْوَالَنَا وَكُلَّ شَيْءٍ أَعْطَيْتَنَا، اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا فِي كَنَفِكَ وَأَمَانِكَ وَجِوَارِكَ وَعِيَاذِكَ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ مَرِيْدٍ وَجَبَّارٍ عَنِيْدٍ وَذِيْ عَيْنٍ وَذِيْ بَغْيٍ وَمِنْ شَرِّ كُلِّ ذِيْ شَرٍّ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Allâhumma innâ nastahfidhuka wa nastaudi‘uka dînanâ wa anfusanâ wa ahlanâ wa aulâdanâ wa amwâlanâ wa kulla syai’in a‘thaitanâ. Allahummâj ‘alnâ fî kanfika wa amânika wa jiwârika wa ‘iyâdzika min kulli syaithânim marîd wa jabbârin ‘anîd wa dzi ‘ainin wa dzi baghyin wa min syarri kulli dzi syarrin innaka ‘alâ kulli syai’in qadîr.

Artinya, “Ya Allah, kami memohon penjagaan kepada-Mu dan kami menitipkan kepada-Mu agama kami, diri kami, keluarga kami, anak-anak kami, harta kami, dan segala sesuatu yang Engkau berikan kepada kami. Ya Allah, jadikanlah kami dalam penjagaan-Mu, tanggungan-Mu, kedekatan-Mu, dan perlindungan-Mu dari gangguan setan yang menggoda, dari orang yang kejam, dari mata orang yang berniat jahat, dari orang yang bermaksud zalim, dan dari keburukan apa pun yang membawa keburukan. Sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang maha kuasa atas segala sesuatu.”

Selain itu Rasulullah juga mengajarkan agar kita rutin membaca Al Baqarah untuk menjaga diri dan rumah dari gangguan jin. Nabi menjelaskan bahwa setan tidak memasuki rumah yang dibacakan Surat Al Baqarah selama tiga hari.

اِقْرَؤُوْا سُوْرَةَ اْلبَقَرَةِ، فَإِنَّ أَخْذَهَا بَرَكَةٌ، وَتَرْكَهَا حَسْرَةٌ، وَلاَ يَسْتَطِيْعُهَا اْلبَطَلَةُ

“Bacalah surat al-Baqoroh. Sesungguhnya mengambilnya (membaca, menghafal, mentadabburi serta mengamalkannya) merupakan keberkahan. Dan para penyihir tidak mampu melawan (kehebatan) surat al-Baqoroh” . (HR. Muslim)

لاَ تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِى تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

“Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian sebagaimana kuburan. Sesungguhnya setan itu akan lari dari suatu rumah yang dibacakan di dalamnya surat Al-Baqoroh.” (HR. Muslim)

Nah, Itulah sepenggal ayat-ayat Al Quran yang kita jadikan alat untuk mengusir jin. Ayo, mari amalkan secara rutin agar kita terbebas dari gangguan mahluk jin, syaitan yang terkutuk itu.

 

Back to top button