Presiden Jokowi Puji Respon Cepat DPD RI

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo memuji respon cepat DPD RI terhadap sejumlah masalah yang dihadapi daerah. Pujian tersebut disampaikan Jokowi dalam pidato Presiden pada sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR dan DPD dalam rangka HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020) pagi.

Dikatakan Jokowi dalam pidatonya, kita beruntung dan berterima kasih, atas dukungan dan kerja cepat, dari Pimpinan dan Anggota lembaga-lembaga negara yang melakukan langkah-langkah extra ordinary dalam mendukung penanganan krisis dan membajak momentum krisis untuk melanjalankan strategi-strategi besar bangsa.

“Respon cepat juga dilakukan oleh DPD, terhadap permasalahan mendesak yang dihadapi daerah, mulai dari pemberdayaan BUMDes, peningkatan daya saing daerah, dan dukungan penerapan protokol kesehatan dengan menyiapkan 9 RUU usul inisiatif DPD dan beberapa agenda lain sesuai bidang tugas DPD,” tandas Presiden.

Jokowi pun berharap, ke depan akan masih banyak langkah-langkah besar yang harus diakukan. “Masih tersedia waktu 25 tahun lagi bagi kita untuk menyiapkan se-abad Indonesia merdeka, untuk membangun Indonesia yang kita cita-citakan. Menjadikan Indonesia setara dengan negara-negara maju,” harapnya.

Pilihan kata ‘Respon Cepat’ tampaknya memang tepat disematkan kepada lembaga negara tempat para Senator bersidang itu. Mengingat sejumlah masalah di daerah, setahun belakangan ini terus masuk ke DPD RI dalam bentuk aduan dan aspirasi. Mulai dari persoalan di Kabupaten/Kota hingga Provinsi dan kegiatan ekonomi dan sosial masyarakat di daerah.

“Kita tentu berterima kasih, Pak Jokowi melihat dengan jernih apa yang sudah dilakukan oleh 136 Senator di DPD RI, yang bekerja untuk daerah di 34 provinsi. Memang sudah tekad kita dari awal, platform kerja kita dalam bidang pengawasan adalah menerima aspirasi dan membawa temuan di daerah ke pusat, agar mendapat jalan keluar atau solusi dari eksekutif,” urai Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.

Dalam sidang bersama DPR dan DPD kali ini, selain LaNyalla, hadir secara fisik para wakil ketua DPD RI, yakni, Nono Sampono, Mahyudin dan Sultan Baktiar Najamudin. Selain itu hadir pula Fadel Muhammad, wakil ketua MPR dari unsur DPD. Sementara para Senator yang hadir terdiri dari para ketua Alat Kelengkapan DPD dan masing-masing satu Senator dari 34 provinsi. (*)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker