Kemenag Alor Bagikan Ratusan Paket Sembako ke Warga Miskin Terdampak Covid-19

Abadikini.com, KALABAHI – Kementerian Agama Kabupaten Alor, Nuasa Tenggara Timur (NTT) memberikan bantuan sembako kepada warga miskin terdampak wabah virus corona (Covid-19), Kamis (13/8/2020).

Baca Juga

Sebanyak 155 paket sembako itu dibagikan kepada semua unsur agama, penyerahan secara simbolis diserahkan langsung oleh kepala kantor Kemenag Alor Muhammad Marhaban di kantor kemenag Alor kepada masing-masing pimpinan unsur agama.

Kepala kantor Kemenag Alor Muhammad Marhaban mengatakan aksi kemanusiaan ini dilakukan selain membantu warga kurang mampu yang terdampak Covid-19, juga sekaligus dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 75 tahun.

“Jadi hari ini kami kantor Kemenag Alor memberikan bantuan 155 paket sembako kepada warga kurang mampu yang terkenan dampak Covid-19. Bantuan ini juga dalam rangka mendukung program pemerintah daerah yaitu, alor kenyang, sehat dan pintar,” kata Marhaban lewat keteranganya, Jumat (14/8).

Foto bersama pegawai Kemenag Alor Muhammad Juremi Pure, Penyelenggara Haji Umrah, Philina E.M.Laning Kasie Urusan Agama Kristen bersama beberapa penwasas penda Kristen, penyuluh agama kristen dan staf bersama jemaat GBI Mali dan Geraja Adven maimol sebagai penerima manfaat, Jumat (14/8)

Menurut Marhaban, pengadaan ratusan paket semabko yang dibagikan kepada warga kurang mampu ini bersumber dari partisipasi pegawai Kemenag Alor.

“Ratusan paket sembako ini kami beli dengan dana partisipasi pegawai ASN, baik yang bekerja di kantor Kemenag Alor maupun Guru Kemenag yang tersebar di sekolah-sekolah,” jelasnya.

Kemenag Alor Bagikan Ratusan Paket Sembako ke Warga Miskin Terdapak Covid-19

Dia menjelaskan, dukungan partisipasi ini setiap pegawai Kemenag Alor menyetorkan uang senilai Rp100 ribu per orang. Sehingga total uang yang terkumpul sebesar Rp 16 juta, kemudian uang itu digukan untuk pengadaan paket sembako.

“Mestinya total uang yang terkumpul itu sebesar Rp25 juta lebih. Tetapi ada pegawai kami yang bertugas di wilayah pedalaman mereka tidak ikut menyetor. Kami memahami karena pegawai kami yang bertugas di sana tentunya mereka juga banyak beban hidup yang harus mereka urus,” imbuhnya.

Marhaban mengaku, aksi kemanusian dari Kemenag aAlor berupa paket sembako ini bukan hal baru yang dilakukan. Menurutnya, aksi kemanusian seperti ini sudah pernah dilakukan dengan bentuk lain, seperti membantu korban gempa bumi di Alor kala itu.

“Dimana beberapa tahun lalu terjadi bencana gempa bumi, kami juga turut membantu saudara-saudari kita yang korban. Kami harap bantuan yang ada ini jangan melihat nilainya, tetapi semoga bisa bermanfaat untuk dapat meringankan beban saudara-saudari penerima,” pungkas Marhaban.

Untuk diketahu, sebanyak 155 paket sembako itu telah didistribusikan kepada warga kurang mampu yang beragama Kristen Katolik dan Protestan 90 paket, Islam 40 paket, Hindu 5 paket, dan sisa 20 paket didistribusikan ke warga penerima di Pulau Pantar.

Baca Juga

Back to top button