Kasian, Puluhan Karyawan RSUP Fatmawati Positif Covid-19

Abadikini.com, JAKARTA – Sebanyak 35 karyawan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati terpapar virus corona (covid-19) setelah dilakukan rapid test dan tes usap massal pada 18 maret hingga 7 Agustus 2020. Hal itu dikatakan Direktur Utama RSUP Fatmawati, Mochammad Syafak Hanung.

“(Dari) 18 Maret 2020 hingga 7 Agustus 2020, telah dilakukan rapid test terhadap 1.118 karyawan dan swab test kepada 189 karyawan,” kata Mochammad Syafak Hanung dalam keterangannya, Jumat (14/8/2020).

“(Hingga kini) pemeriksaan swab terhadap karyawan masih berjalan sampai saat ini dan tidak mengganggu proses pelayanan kesehatan,” sambungnya.

Syafak menjelaskan, bila ada karyawan yang terpapar Covid-19 maka petugas dari Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (KPPI) langsung menindaklanjuti dengan cara tracing penyebab terpaparnya karyawan tersebut.

Selain itu, lanjut dia, pihak RSUP Fatmawati juga melakukan pemindaian kepada seluruh pasien, karyawan, maupun pengunjung.

“Terhadap khususnya karyawan rumah sakit, rutin dilakukan screening melalui mengisi formulir self assessment, tata cara memakai dan melepaskan APD, serta sering mencuci tangan dan tertib menjaga jarak,” tuturnya.

Kendati terdapat temuan kasus positif Covid-19, kata Syafak, RSUP Fatmawati tetap beroperasi.

Sejak ditunjuk menjadi salah satu rumah sakit rujukan, pihaknya membuat kebijakan internal terkait prosedur yang sesuai dengan protokol kesehatan.

“Agar tidak ada penularan bagi pasien, pengunjung, dan karyawan rumah sakit,” katanya

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker