Beri Listrik Gratis hingga Subsidi Gaji Pekerja, Ini Kata Jokowi

Abadikini.com, JAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, saat ini waktu yang tepat untuk membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar, menjalankan strategi besar akibat pandemi virus corona.

Strategi besar di bidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan, termasuk kesehatan dan pendidikan.

Menurut Jokowi, ketika krisis kesehatan berdampak pada perekonomian nasional, Indonesia juga harus cepat bergerak dengan memberikan bantuan sosial bagi masyarakat.

Melalui bantuan sembako, bansos tunai, subsidi dan diskon tarif listrik, BLT Desa, dan subsidi gaji; membantu UMKM untuk memperoleh restrukturisasi kredit, memperoleh banpres produktif berupa bantuan modal darurat, dan membantu pembelian produk-produk mereka; membantu tenaga kerja yang menjadi korban PHK, antara lain melalui bantuan sosial dan Program Prakerja.

“Sesuatu yang tidak mudah,” kata Jokowi dalam Pidato Presiden pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPRD dalam Rangka HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Untuk itu semua, pemerintah cepat melakukan perubahan rumusan program; menyesuaikan program kerja dengan situasi terkini; melakukan realokasi anggaran dalam waktu singkat; menerbitkan Perppu Nomor 1 Tahun 2020, yang kemudian disetujui oleh DPR menjadi UU No.2 Tahun 2020; bersinergi dengan BI, OJK, dan LPS untuk memulihkan perekonomian.

Baca Juga

Back to top button