Sosok Kamala Harris, Calon Wakil Presiden AS

Abadikini.com, WAHINGTON DC – Setelah melampaui proses yang panjang, Joe Biden, Capres AS akhirnya resmi mengumumkan nama pendampingnya dalam proses pencalonan. Adalah Kamala Harris, sosok wanita yang menjabat sebagai Senator California sekaligus wanita kulit hitam dengan ras Amerika Asia Selatan pertama, yang mencalonkan diri sebagai bakal calon wakil presiden (Cawapres) dari partai besar Demokrat.

Baca Juga

Dikutip dari cnn.com, Selasa, (11/8/2020) Joe Biden mengatakan “Saya putuskan memilih Kamala Harris sebagai partner terbaik untuk membantu saya bertarung menghadapi pasangan Trump dan Mike Pence. Lalu bersama-sama memimpin Negara ini nantinya pada Januari 2021,” ungkap Capres Partai Demokrat itu.

Terpilihnya Harris menyudahi rentetan spekulasi panjang, soal siapakah cawapres yang akan mendampingi Biden untuk bertarung melawan calon pasangan Donald Trump, pada pemilihan presiden AS 3 November 2020 mendatang.

Joe Biden juga memberikan keterangan tambahan terkait keputusannya tersebut
melalui akun twitter resmi miliknya, Selasa (11/8/2020) waktu setempat.

“Saya merasa terhormat untuk mengumumkan bahwa saya telah memilih Kamala Harris sebagai cawapres. Kamala adalah sosok yang siap berjuang bagi kepentingan rakyat kecil dan merupakan salah satu pelayan masyarakat terbaik,” tutur Biden dalam cuitannya.

Lalu Siapa Sosok Kamala Harris?

Dilahirkan dari pasangan ras Amerika Asia Selatan atau yang familiar dengan ras non-kulit putih, menjadikan Harris sebagai representasi politik anti Trump. Pernah menduduki posisi-posisi strategis di antaranya, Kamala Harris sempat menjabat sebagai wakil jaksa di wilayah Alameda, California. Ia juga pernah terpilih sebagai Jaksa Agung California selama dua periode. Barulah pada tahun 2016 Harris memulai karir politiknya.

Besar dari orang tua yang berbeda budaya, membuat Harris menjadi sosok yang berpemikiran terbuka. Pandangan-pandangannya terkait isu ekonomi, sosial hingga politik banyak dipengaruhi oleh lingkungan keluarga. Tak heran jika karirnya selama di Jaksa Agung sangat positif serta berorientasi pada rakyat.

Sosok Kamala Harris menjadi kian terkenal karena gaya bahasnya yang nyentrik ketika berada di dalam rapat jejak pendapat, nampak seperti jaksa penuntut yang sedang menginterogasi para saksi. Berdasarkan berbagai pengalamannya tersebut, Ia digadang sebagai calon kuat yang dapat membawa perubahan baru bagi rakyat AS. Jika terpilih, maka Kamalia Harris bakal menjadi wanita pertama di Amerika Serikat yang mampu naik jabatan politik setinggi itu.

Baca Juga

Back to top button