Heboh, Benda Mirip Jendela Kuno Berukuran Besar Ditemukan di Proyek Revitalisasi Stasiun Bekasi

Abadikini.com, BEKASI – Pekerja proyek revitalisasi Stasiun Bekasi di Jalan Ir H Juanda, Bekasi Timur, menemukan benda yang diduga peninggalan sejarah. Benda yang menghebohkan itu ditemukan di lokasi pembangunan yang berbentuk lorong.

Tak hanya itu, dalam pengerukan oleh pelaksana proyek ke dasar tanah, pekerja menemukan kembali sebuah benda mirip jendela yang berukuran besar.

“Jika memang ada unsur sejarahnya bisa diberdayakan untuk hasil temuan tersebut seperti di abadikan,” kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi kepada media di Bekasi, Selasa (11/8/2020).

Sebab, menurut Rahmat, wilayah Bekasi termasuk dalam sejarah. Seperti jembatan sasak yang menghubungkan alun-alun ke pasar proyek itu adalah sejarah.

“Maka temuan benda ini juga pasti ada nilai sejarahnya, nantinya akan ditelusuri oleh sejarawan dan Disparbud untuk dipastikan” jelas Rahmat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Bekasi, Tedy Hafni mengatakan, pihaknya telah berkirim surat ke provinsi, Kementerian Perhubungan dan PT KAI terkait temuan benda yang dicurigai peninggalan sejarah.

“Sudah kita surati atas temuan ini,” katanya.

Selain itu, kata Tedy, temuan itu juga akan dilaporkan ke Badan Pelestarian Cagar Budaya Banten-Jabar. Sebab, dia mensinyalir, benda yang ditemukan adalah peninggalan zaman Belanda.

“Kami sudah meminta kepada pelaksana proyek untuk tidak dilakukan pembongkaran dulu, sebelum ada penelitian dari arkeolog,” kata Tedy.

Sumber Berita
viva

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker