Wakil Bupati Tanah Datar Ingin Capai Swasembada Pangan

Abadikini.com, TANAH DATAR – Sektor pertanian merupakan sektorandalan Kabupaten Tanah Datarkarena memang bertani masih menjadi salah satu mata pencaharian terbesarmasyarakat kita.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma dalam acara panen raya sawah dalam Jorong Galanggang Nagari Batu Taba, Kamis (7/8/2020) di hadapan Camat Batipuh Selatan, Forkopimca, Wali Nagari Batu Taba dan masyarakat petani.

“Peningkatan kualitas dan kuantitas hasil pertanian harus menjadi perhatianuntuk masa datang, karena daerah Tanah Datar sebagian besar merupakan lahanpertanian dibutuhkan terobosan dan inovasi terbaru sehingga swasembada panganbisa dicapai,” ujar Zuldafri Darma

Tentu, tambah Zuldafri Darma, peningkatan kearah situ harus didukung dariberbagai elemen. “Pemerintah Daerah sampai penyuluh pertanian menjadi elemenpenting untuk mencapai cita-cita untuk swasembada pangan,” tambahnya.

Wabup Zuldafri jugamenambahkan, penanaman varietas jagung hendaknya digalakkan di Tanah Datar.“Kita lihat masih banyak lahan produktif yang saat ini belum diolah maksimal,alangkah baiknya diolah untuk menanam jagung. Hal ini tentu sangat dibutuhkankarena Tanah Datar membutuhkan setidaknya 700 ton jagung setiap tahun, terutamauntuk pakan ternak, dan ini adalah potensi yang hendaknya kita manfaatkanbersama,” tuturnya.

Sementara itu Wali Nagari Batu Taba Destriyanto mengungkapkan, pelaksanaanpanen raya atas kerjasama dan perhatian dari Pemerintah Daerah Tanah Datar.

“Alhamdulillah, hamparan persawahan di Nagari Batu Taba tahun ini tidak adamasalah dan pada umumnya tanaman padi yang ditanam masyarakat panen sesuaidengan yang diharapkan dan itu tentu berkat kita semua baik masyarakat ataupunpemerintah,” ujarnya.

Hal ini kita capai, lanjut, Destriyanto, berkat irigasi yang telah lancar di areapersawahan di Batu Taba. “Selama ini walau persawahan kita tepat berada di tepidanau, namun kita kesulitan air, namun berkat dukungan Pemda melalui dinasterkait, irigas sudah lancar dan persawahan masyarakat kamipun panen denganbaik. Maka di kesempatan ini kami sampaikan terima kasih,” pungkasnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker