Kota Tidore dan Universitas Indonesia Sepakat Kerjasama Peningkatan SDM

Abadikini.com, JAKARTA – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) dan Universitas Indonesia (UI) jalin kerjasama peningkatan Sumberdaya Manusia (SDM).

Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (NKB) dilakukan antara pihak rektorat UI yang diwakili Kepala Badan Kerjasama, Ventura dan Digital Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi dan Walikota Tidore Kepualauan Capt. Ali Ibrahim di Ruang Rapat Lantai 2 Pusat Administrasi UI, Depok, Rabu (5/8/2020).

Kerjasama Kota Tidore Kepulauan dengan UI dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Dimana nanti UI diberikan ruang dalam melakukan berbagai penelitian dan pengembangan di masyarakat.

Wali Kota Tikep Capt Ali Ibrahim didampingi Kepala Dinas Pertanian, Imran Yasin, staf ahli Asfarinal dan Bambang MS serta dari pihak Universitas Indonesia diwakili oleh Kepala Badan Kerjasama, Ventura dan Digital Prof. Dedi Priadi, Direktur Kerjasama Dr. Toto Pranoto, dan Kepala Humas dan KIP Dra. Amel Lusia.

Prof. Dedi Priadi mengatakan pihak rektorat UI sangat welcome dan akan mensuport Kota Tidore Kepualauan. Dia juga berharap dengan penandatangan NKB ini tentunya nanti diharapkan ada kegiatan-kegiatan turunannya.

“Tentunya kita sangat welcome sekali pimpinan UI sangat mengsuport karena memang kita membawa nama Indonesia Universitas Indonesia. Jadi hari ini khusus dengan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan sangat kita dukung sekali dan berharap nanti kedepan ada kegiatan-kegiatannya,” ujar Prof Dedi.

Menurut Prof Dedi, Karena NKB ini masih umum, nanti teman-teman Tim Tidore bisa menjabarin, kira-kita bisa kerjasama apa saja yang kita bisa mensupport selain peningkatan SDM. Dikataknya, UI juga sebetulnya banyak kegiatan, banyak juga program-program yang bisa dijadikan sinergi dengan Kota Tidore Kepulauan kedepan.

“Ada yang misalkan program pengabdian masyarakat, program kesehatan yang mahasiswa kita bisa kirim ke sana. Jadi mungkin ini yang kita harapkan kerjasamanya kedepan selain peningkatan SDM tadi,” jelas Prof Dedi.

Foto Dari Kanan: Depan: Kadis Petanian Tikep, Imran Yasin, staf ahli Wali Kota Tikep Asfarinal, Wali Kota Tikep Capt Ali Ibrahim, Kepala Badan Kerjasama, Ventura dan Digital UI Prof. Dedi Priadi, Kepala Humas dan KIP UI Dra. Amel Lusia, Direktur Kerjasama Dr. Toto Pranoto UI. (Belakang Kanan) : Dr. Bambang MS UI, Kasubdit Kerjasama Akademik dan Pemerintah UI Dr. Eko Sakapurnama dan Eko Budi Susilo Staf Direktur Kerjasama UI

Pada kesempatan itu Prof Dedi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Walikota Tidore Ali Ibrahim atas kehadiranya.

“Barang kali nanti bergantian dari UI yang ke Pulau Tidore,” tutup Prof Dedi.

Semnetara, Wali Kota Tidore Ali Ibrahim dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada pihak rektorat UI atas penyambutannya. Ditengah kesibukan, kata Ali, pihak rektorat berkesempatan menerima jajaranya dalam penandatangan NKB.

“Saya atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Tidore sangat mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya dan juga terima kasih kepada pihak UI. Pak Prof dan jajaranya pada hari ini telah menyediakan waktu untuk kami dari Tidore. Walaupun kesibukan bapak yang luar biasa masih meluangkan waktu untuk lakukan penandatanganan kerjasama ini,” ujar Ali Ibrahim.

Lanjut Ali menjelaskan, sumber daya manusia untuk kantor Wali Kota Tidore Kepulauan masih sangat minim. Saat ini kata dia, untuk yang bergelar doktor kurang lebih hanya tiga orang sejak Tidore ditetapkan jadi Kota pada tahun 2003.

“Ketika kami di lantik sejak bulan Februari 2016 ditahun pertama ini dalam perjalanan saya mengevaluasi bahwa kita ini butuh SDM, kuncinya SDM,” jelas Ali Ibrahim.

Sehingga, terang Ali Ibrahim, saat ini Kota Tidore juga telah lakukan kerjasama dengan Universitas Khairun, dengan diberikan kesempatan staf-nya untuk kuliah S2 di UNHAIR maupun di Universitas Muhammadiyah Ternate.

“Jadi saya memberikan kesempatan kepada ASN Tidore termasuk juga kepada para Guru untuk peningkatan SDM. Tidak ada kata lain kecuali peningkatan SDM. Saya sampaikan kepada mereka, kita berubah karena SDM dan disiplin,” tegasnya.

Untuk itu, Sang kapten Ali Ibrahim mengucapkan rasa syukur bisa lakukan penandatanganan kerjasa peningkatan SDM dengan UI untuk kemajuan Kota Tidore kedepan.

“Alhamdulillah, muda-mudahan kerjasama dengan UI setelah menandatangani NKB ini kami akan menindaklanjuti dengan Prof. Toto dan jajarannya dalam bidang-bidang apa saja terutama di spesialis kedokteran,” ucapnya.

Kepala Badan Kerjasam, Ventura dan Digital UI Prof. Dedi Priadi dan Wali Kota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim saat menanam pohon Cengkeh di Kampus UI, Depok

Dia menuturkan, setelah dirinya menjabat Wali Kota Tidore masuk tahun keempat ini sudah menargetkan rumah sakit dengan tipe D akan diupayakan menjadi tipe C.

“Saya sudah mengirim 15 orang untuk kuliah spesialis kedoteran, Alhamdulillah tahun ini mereka sudah bisa selesai dan bisa kembali mengaabdi di Tidore Kepulauan,” pungkasnya.

Usai penandatangan NKB, Wali Kota Tikep dan dan pihak rektorat UI juga melakukan penanaman dua jenis rembah khas Tidore secara simbolis yaitu pohon Cengkeh dan pohon Pala di samping kanan kantor Pusat Administrasi (Rektorat) Universitas Indonesia.

Wali Kota Tikep Ali Ibrahim dan Kepala Badan Kerjasama, Ventura dan Digital UI Prof. Dedi Priadi bersama-sama menanam pohon Cengkeh, sedangkan Kadis Pertanian Tikep Imran Yasin dan Direktur Kerjasama UI Dr. Toto Pranoto bersama-sama menanam pohon Pala.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker