Pakar dari PBB Sebut Virus Corona Dapat Hancurkan Ekonomi Dunia

Abadikini.com, JAKARTA – Richard Gowan, pakar dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperingatkan dunia bahwa pandemi virus corona (Covid-19) bisa menghancurkan ekonomi. Ia juga memperingatkan virus bisa memperburuk situasi kemanusiaan dalam konflik paling mematikan di dunia yang bisa memicu kekerasan.

Pasalnya, penyebaran virus berpotensi menghambat program bantuan, mengalihkan perhatian dan sumber daya negara-negara besar yang memerangi virus mematikan tersebut. Tak hanya itu, virus juga berpotensi menghambat penyaluran bantuan ekonomi ke negara yang sudah rapuh karena perang.

“Ada tingkat kekhawatiran yang sangat tinggi bahwa dampak ekonominya akan memicu lebih banyak kekacauan, lebih banyak konflik,” kata Richard seperti dikutip dari AFP, Selasa (4/8/2020).

Ia mengatakan kekhawatiran tinggi muncul karena pihaknya memperkirakan masalah corona akan panjang. Peringatan tersebut datang tak lama setelah Kepala Bantuan PBB Mark Lowcock.

Ia memperingatkan penyebaran virus corona bisa membuat ekonomi kembali berantakan. Pasalnya, diplomat Inggris itu menyebut virus corona telah menghambat proses pengiriman uang dan bantuan, terutama ke negara konflik.

Tak hanya itu, virus juga membuat pemerintah negara barat mengurangi jumlah bantuan mereka ke negara yang berada di zona krisis kemanusiaan karena mereka fokus mempertahankan ekonomi dalam negeri yang tertekan akibat virus corona.

Padahal, bantuan tersebut menjadi penyelamat bagi negara yang berkonflik. Ketergantungan mereka terhadap bantuan mencapai 70 persen.

“Kelaparan lagi di cakrawala. Konflik kembali meningkat. Ekonomi kembali berantakan. Badan-badan kemanusiaan hampir pecah lagi. Dan kemudian masalah baru, Covid-19 menyebar di luar kendali,” pungkas Richard.

Baca Juga

Back to top button