Inilah Alasan Video Anji Bareng Hadi Pranoto Dihapus oleh Youtube

Abadikini.com, JAKARTA -Video Anji bersama Hadi Pranoto yang membahas klaim obat Corona telah dihapus oleh pihak YouTube. Apa alasan situs berbagi video kepunyaan Google itu menghilangkan video bersangkutan?

Dalam pernyataannya, perwakilan YouTube menyebut bahwa tujuan mereka adalah memberikan informasi yang bermanfaat dan meminimalisir penyebaran informasi berbahaya di masa pandemi Corona saat ini.

“Kami berkomitmen untuk memberikan informasi yang tepat waktu dan bermanfaat pada saat yang kritis ini, termasuk meningkatkan konten otoritatif, mengurangi penyebaran informasi yang berbahaya dan menampilkan panel informasi, menggunakan data WHO atau Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, untuk membantu memerangi informasi yang salah,” tulis perwakilan YouTube.

Mereka menambahkan bahwa pihaknya memiliki kebijakan untuk melarang video dengan tayangan yang mempromosikan metode medis yang belum terbukti kebenarannya. Dengan demikian, video Anji bersama Hadi Pranoto masuk kategori tersebut.

“Kami juga memiliki kebijakan yang jelas yang melarang video mempromosikan metode medis yang tidak berdasar untuk mencegah orang-orang untuk meminta penanganan medis,” sebut YouTube.

“Contohnya secara lengkap kami jabarkan di sini (https://support.google.com/youtube/answer/9891785?hl=en), dan kami dengan cepat menghapus video yang melanggar kebijakan ini ketika ditandai kepada kami,” pungkas mereka.

Sebelumnya, saat diwawancarai dalam video Anji, Hadi Pranoto mengenalkan diri sebagai pakar mikrobiologi sekaligus Kepala Tim Riset Formula Antibodi COVID-19.

“Antibodi ini bisa menyembuhkan dan juga bisa mencegah. Berbeda dengan vaksin. Kalau vaksin itu kan disuntikkan dan kalau ini diminum,” ujar Hadi Pranoto dalam video yang telah dihapus tersebut.

Antibodi tersebut terbuat dari bahan herbal. Ada beberapa jenis kandungan yang terdapat di dalamnya yang diklaim bisa menyembuhkan pasien yang terinfeksi COVID-19. Semua bahannya bakunya pun berasal dari Indonesia.

“Ini berupa cairan. Dan di dalam cairan itu mengandung beberapa kandungan yang bisa membunuh COVID-19,” klaim Hadi Pranoto.

Belakangan, latar belakang pendidikan Hadi Pranoto diragukan dan karya ilmiahnya sukar ditemukan. Demikian pula dengan obat herbal yang diklaimnya tersebut tidak ada bukti ilmiahnya dapat mengalahkan virus Corona. Video Anji dengan Hadi Pranoto pun dihapus.

Sumber Berita
Detik.com

Baca Juga

Back to top button