Wasekjen PBB Desak Menteri Nadiem Segera Putuskan Tetap Belajar dari Rumah dengan Kebijakan Solusi Baru

Abadikini.com, JAKARTA – Wasekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Bidang Organisasi dan Pemerinatahan Meridian Ramadir mendesak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim untuk membuat kebijakan baru tentang sistem pendidikan jika masih meneruskan kebijakan anak-anak tetap sekolah di rumah (home schooling) karena pandemi Covid-19.

Sistem yang dimaksud Meridian adalah, ditengah pandemi covid-19 yang tak diketahui kapan berakhirnya, maka Kemendikbud seharusnya menggandeng perusahaan provider internet dalam negeri dengan tujuan mengurangi jumlah biaya pengunaan internet untuk kebutuhan siswa dan guru.

Sebab menurut dia, sebagai orang Indonesia memahami situasi pandemi dunia saat ini dan sangat peduli akan kesehatan Indonesia.

“Kami memahami bahwa kebijakan pemerintah tentang sistem sekolah di rumah adalah cara terbaik untuk menjaga anak-anak kita, generasi masa depan kita tetap hidup dan selamat dari pandemi ini. Tetapi di sisi lain, ada banyak keluarga Indonesia yang telah menurun situasi ekonominya terlebih lagi sebagian besar karena tingkat pendapatan yang rendah. Tidak mudah bagi mereka untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujar Meridian lewat keterangannya, Kamis (30/7/2020).

Meridian menilai, sistem sekolah di rumah, yang telah berlangsung selama hampir 5 bulan, telah menjadi sulit dan menyedihkan bagi sebagian besar masyarakat berpenghasilan rendah di Indonesia.

Mereka, terang Meridian, tidak hanya harus menyediakan makanan untuk keluarga mereka. Tetapi di sisi lain mereka juga harus menyediakan uang tambahan untuk membayar kuota internet.

“Untuk keluarga yang mengirim anak-anak mereka ke sekolah umum, mungkin beban mereka sedikit ringan karena mereka tidak perlu membayar biaya sekolah. Tapi untuk keluarga yang mengirim anak-anak mereka sekolah di swasta karena kebijakan pendidikan baru-baru ini (peraturan umur) mereka tidak hanya membayar biaya sekolah tetapi mereka perlu memberikan uang tambahan untuk kuota internet,” imbuhnya.

Untuk itu, Meridian menegaskan Mendikbud Nadiem Makarim untuk segera memutuskan kepastian belajar. tetap belajar dari rumah untuk keselamatan mereka atau harus belajar tatap muka seperti normal dengan memerapkan protokol kesehatan Covid-19 jika memungkinkan.

“Tolong pahami situasinya karena kami mengerti situasinya di Indonesia lebih dari setengah orang Indonesia membutuhkan jawaban pak menteri,” pungkasnya.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close