Kompetisi Olahraga Boleh Digelar di Tengah Pandemi, Ini Syaratnya

Abadikini.com, JAKARTA – Pemerintah telah mempersilahkan setiap cabang olahraga untuk mengaktifkan kembali kompetisi. Hal ini disampaikan Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Dewa Broto. Menurutnya kompetisi boleh digelar dengan memenuhi sejumlah syarat.

Baca Juga

“Seperti sepakbola, kita sudah mempersilakan liga dimulai. Namun syarat memang cukup banyak, karena olahraga ini body contact nya cukup tinggi,” kata Gatot Dewa Broto pada talk show digelar Satgas COVID-19 yang disiarkan laman Facebook BNPB, Rabu (29/7/2020).

Menurut Gatot, beberapa syarat tersebut adalah tes kesehatan kepada semua official sebelum dan sesuah bertanding.

Selain itu, pembatasan penonton harus menjadi perhatian.

“Ketentuan ini bukan untuk menyulitkan, tetapi melindungi atlet dan semua yang terlibat di dalamnya,” ujar Gatot.

Sementara itu, Sekjen KONI, TB Ade Lukman mengaku sudah membuat panduan olahraga di tengah pandemi.Ia mengatakan, panduan tersebut disusun secara komperhensif dengan masukan dari gugus tugas, Kementerian Kesehatan, BNPB dan berbagi pihak terkait.

“Aturan ini kami sesuaikan dengan bidang olahraga masing-masing, dan sudah diedarkan ke semua daerah. Prinsip kami, keselamatan atlet prioritas utama,” sebutnya.

Lukman mengatakan demi mendukung upaya pemerintah memutus penyebaran virus Covid-19, KONI telah mengambil keputusan bahwa semua kompetisi akan digelar tanpa penonton.

Lukman menambahkan, KONI juga membuat aplikasi KONI Tv yang diupayakan bisa merampung semua liputan olagraga sebagai informasi kepada masyarakat.

“Bagi pelaksana di daerah silakan memaksimalkan platform media sosial dalam menyiarkan agenda olahraga yang dibuat,” ungkapnya.

Back to top button